Pemerintahan

Usai Copot Kadis ESDM, Gubernur Tunjuk Suriyanto Andili

Kantor Gubernur Maluku Utara || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (AGK), sudah menunjuk Suriyanto Andili sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Suriyanto kini menggantikan Hasyim Daeng Barang dari jabatan tersebut.

Gubernur AGK, pada kesempatan itu juga mengangkat Adnan Hasanudin sebagai Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang kini menggantikan posisi Yunus Badar.

Pengangkatan dua pelaksana tugas ini, sebagaimana diketahui tertuang dalam surat keputusan gubernur nomor 800/JPTP/09/III/2022 tanggal 20 Maret 2022.

"Terhitung mulai 18 maret 2022 selain menjalankan tugas sebagai kepala Bidang, keduanya juga diangkat sebagai pelaksana tugas," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Malut, Idrus Assagaf, pada Selasa 23 Maret 2022.

Sementara Idrus bilang, kekosongan dua posisi pelaksana tugas yakni Administrasi Pembangunan dan Disnakertrans masih dalam proses menentukan salah satu jabatan administrator setingkat di bawah JPTP.

Baca Juga:


Gubernur Copot Mantan Penjabat Wali Kota Ternate dari Kadis ESDM


PDLH Walhi Maluku Utara Usung Konsolidasi Kedaulatan Rakyat Atas Kuasa Oligarki

"Kecuali untuk Plt Adbang ada kemungkinan salah satu JPTP yang setara karena semua jabatan dibawah JPTP Adbang sudah disetarakan dalam jabatan fungsional," jelas dia.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan dilakukan seleksi terbuka atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk Dinas Esdm, Adbang, Disperkim, dan Disnaker.

"Itu pun setelah KASN merekomendasikan sesuai surat Gubernur ke Ketua KASN terkait permohonan rekomendasi pelaksanaan seleksi terbuka," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Malut Samsuddin A. Kadir saat dikonfirmasi terpisah menuturkan, pengisian kekosongan jabatan perlu dilakukan sehingga tidak mengganggu kinerja pemerintah.

"Sudah ada nama-nama Plt. Itu kan Plt saja kan tidak mungkin tidak ada nanti mengganggu pelaksanaan di kantor," ujarnya.

Dikatakannya, pejabat yang tunjuk sebagai Plt oleh Gubernur merupakan pegawai eselon III di masing-masing dinas.

"Yang pasti untuk 4 jabatan ini akan dilakukan lelang, sisa menunggu persetujuan KASN dan kemarin sudah kita ajukan," bebernya.

Terdapat beberapa nama pimpinan SKPD, kata Samsuddin yang diusulkan ke KASN untuk dilakukan rotasi, namun berdasarkan hasil evaluasi sejauh ini baru terdapat empat nama.

"Prinsipnya kita mengirim hasil ke KASN sehingga ada persetujuan dilakukan rotasi, emosi, mutasi gitu kan. Nanti kita melihat hasilnya lagi," pungkasnya.

Penulis: Tim JMG
Editor: RHH

Baca Juga