Silaturahmi

Halal Bihalal Jadi Ajang Silaturahmi Pertama Warga Moti Kota Se-Nusantara

Suasana kegiatan Halal Bihalal Warga Moti Kota, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Acim

Ternate, Hpost - Warga Moti Kota, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar Halal Bihalal, pada Minggu 8 Mei 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di parkiran pelabuhan tersebut sebagai ajang silaturahmi pertama untuk warga Moti Kota se-nusantara atau yang ada di seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan itu, selain dihadiri para sesepuh di perantauan, Camat, Kapolsek, Babinsa serta seluruh warga, juga menghadirkan Sultan Tidore H. Husain Alting Syah.

Baca:

Dua Rumah di Halmahera Utara Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

SPBU Morotai Pastikan Stok BBM Aman Selama Sidang Sinode, Pelayanan 17 Jam

Pelajar di Halmahera Selatan Tewas Gantung Diri, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Sebagai pembuka Ustaz Said Hamzah membawa hikmah Halal Bihalal yang memfokuskan soal silaturahmi dan persatuan warga dalam membangun Moti ke depan.

Sesepuh Moti Kota, Ade Adam Noch dalam sambutannya menyatakan bahwa kebersamaan dan persatuan menjadi penting. Apalagi, sampai saat ini sudah banyak warga di Kelurahan Moti Kota yang merantau keluar daerah termasuk dirinya.

“Saya itu merantau keluar sejak dari tahun 1972, sehingga ketika panitia menyampaikan kegiatan ini saya menyanggupi untuk datang untuk member motivasi dan saling mengingatkan, bahwa kita harus bersatu dan tinggalkan perbedaan-perbedaan untuk membangun negeri, dan kampung kita,” kata Ade Adam Noch.

Mantan Deputy Bidang Penempatan, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BN2PTKI) RI itu bilang, tidak ada orang lain yang bisa membangun negerinya kalau itu tidak dilakukan oleh warga sendiri.

Suasana kegiatan Halal Bihalal Warga Moti Kota, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Acim

"Mudah-mudahan acara ini jadi momentum yang baik untuk kita melangkah ke depan, meskipun saat ini Moti punya perkembangan yang pesat jika dibandingkan tahun 1972, tapi yang diperlukan bukan hanya itu tapi diperlukan pengembangan pikiran dan kesadaran kita dalam beragama,” tegasnya.

Sultan Tidore Husain Alting Syah, dalam kesempatan itu juga mengingatkan tentang pentingnya silaturahmi dan persatuan, dan momentum halal bi halal dapat mempererat persaudaraan bagi mereka yang jauh di perantauan dengan keluarga di kampung.

Kegiatan Halal Bihalal Warga Moti Kota, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Acim

“Orang yang selalu menjalin tali silaturahim akan di panjangkan umur dan dimudahkan rezeki,” ucapnya.

“Jadi dengan persatuan ini maka kita akan bisa memajukan Moti dan sejajar dengan kecamatan yang lain, yaitu koprs, korps dan in the korps,” tandasnya.

Ketua Panitia Ramli Ismail, usai kegiatan mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para sesepuh dan keluarga besar Moti Kota, yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Kepada para warga Moti Kota kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas dukungannya sampai acara ini bisa dapat terlaksana,” pungkasnya.

Penulis: Qal
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga