Olahraga

Malut Selection U-16 Siap Berlaga di Nusantara Open 2022 Piala Prabowo Subianto

Tim sepak bola Malut Selection || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Tim sepak bola Maluku Utara Selection U-16 siap berlaga di turnamen sepak bola Nusantara Open 2022 Piala Prabowo Subianto, yang akan digelar di Pakansari, Bogor, Jawa Barat, pada Juli mendatang.

Perhelatan yang digagas Menteri Pertahanan (Menpan) Nasional RI ini, direncanakan masuk turnamen pramusim agenda resmi PSSI dengan melibatkan sebanyak 16 tim.

Manajer Malut Selection, Awaluddin Tomarora mengatakan, peserta yang meramaikan turnamen ini sebanyak 16 tim, yakni 8 tim Elit Pro Akademi (EPA) liga 1 dan 8 tim lagi akademi terbaik Indonesia, termasuk Malut Selection di bawah asuhannya.

"Peserta yang bakal meramaikan turnamen terdiri 8 tim Elit Pro Akademi (EPA) Liga 1 dan 8 tim lainnya berasal dari akademi terbaik Indonesia, dan salah satunya termasuk Malut Selection," ucapnya.

Awaluddin bilang, jauh sebelum itu, pihaknya telah menyiapkan pemain dengan melakukan seleksi terbuka, menghasilkan 23 pemain muda bertalenta dalam Malut Selection.

"Seleksi secara terbuka ini dimulai pada Mei hingga Juni 2022. Ini dilakukan pada tiga Kabupaten/Kota di Maluku Utara, yakni di Halmahera Utara, Kota Ternate dan Scouting Popda Halmahera Tengah," jelasnya.

Baca Juga:





Seleksi terbuka itu juga mendapat partisipasi semua Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ada di Maluku Utara, serta mendapat dukungan dari Asprov Malut, Askot dan Askab.

"Ucapan terima kasih kepada Asprov Malut, Askot, Askab dan SSB se-Malut yang mendukung tim ini untuk berpartisipasi di Nusantara Open 2022," ujar Awaluddin.

Tujuan tim ini, kata dia, guna memberikan kesempatan kepada anak-anak Maluku Utara yang punya talenta dan potensi untuk bersaing.

"Mereka juga berkesempatan untuk raih beasiswa, berlatih di Akademi Nusantara," cetusnya.

Menurut Awal sapaan akrab Awaluddin, dengan terbentuknya tim Malut Selection diharapkan bisa membawa nama baik Maluku Utara.

"Sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa Maluku Utara masih menjadi gudang pesepak bola Indonesia pada turnamen Nusantara Open Prabowo U-16," tandasnya.

Untuk diketahui, latihan tim Malut Selection ini dipusatkan di Kota Ternate tepatnya di lapangan Gambesi.

Tim ini dilatih oleh coach Iskandar Ahmad, dan asisten pelatih Awat Buamona dan Rahmat Sidik. Malut Selection direncanakan berangkat pada Senin 11 Juli 2022.

"Tentu kami juga memohon doa dan dukungan moral kepada seluruh masyarakat Maluku Utara," pungkasnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: RHH

Baca Juga