Cuaca Ekstrem

Warga Maluku Utara Diperingatkan Waspada Cuaca Ekstrem

Kepala Basarnas Ternate, Maluku Utara, Fathur Rahman || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Warga Maluku Utara diperingatkan untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem yang melanda. Imbauan ini disampaikan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate.

Untuk antisipasi dampak akibat cuaca ekstrem, saat ini pihak Basarnas menyiagakan sejumlah personel dan peralatan yang dapat digunakan untuk evakuasi jika diperlukan.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan, pihaknya memberi imbauan kepada masyarakat khususnya di Maluku utara untuk selalu waspada cuaca buruk.

"Untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi laut di Perairan Maluku Utara agar terlebih melihat kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan," ujarnya, Sabtu 16 Juli 2022.

Selain itu, para nelayan diminta untuk sementara menahan diri melakukan aktivitas melaut, dan juga diharapkan selalu menyediakan pelampung keselamatan saat aktivitas di laut.

Baca Juga:





"Segera menghubungi Basarnas di emergency Call 115 jika terjadi hal yang darurat. Atau no kantor Basarnas Ternate (0921) 31200069 maupun WhatsApp di no 0813 5251 8454," jelas Fathur.

Fathur bilang, saat ini cuaca cukup ekstrem, hujan disertai angin kencang dan juga gelombang tinggi dan juga kondisi cuaca sangat rawan terjadi bencana maupun musibah.

"Basarnas akan selalu berkoordinasi dengan unsur terkait utamanya BMKG untuk mengupdate kondisi cuaca di Maluku Utara serta meningkatkan pemantauan melalui komunikasi dengan stake holder terkait," kata dia.

Fathur juga menambahkan, Tim Basarnas menyiagakan personel di Kantor Induk Basarnas Ternate, Pos SAR Tobelo, Unit Siaga Sar Bacan, Unit Siaga Sar Morotai dan Unit Siaga Sar Sanana, serta Alut yaitu KN 237 Pandudewanata, Rescue Boat 309, RIB, Perahu Karet, Dan peralatan SAR lainnya.

Penulis: Tim Hpost
Editor: RHH

Baca Juga