Industri

PT IWIP Dominasi Penerimaan Loker di Bursa Kerja Online 2022

Kunjungan Kerja Menteri Ketenagakerjaan di Kawasan IWIP. || Foto: Istimewa

Ternate, HpostPT Indonesia Weda Industrial Park (IWIP) menjadi perusahaan yang mendominasi penerimaan karyawan terbanyak di Job Fair Virtual 2022 yang resmi digelar Kamis 28 Juli 2022.

IWIP mencatat total penerimaan pelamar kerja sebanyak 5.398 dari 6.000 penerimaan lowongan kerja (loker) yang dibuka 32 perusahaan di wilayah Maluku Utara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Maluku Utara, Ridwan Hasan mengatakan, Job Fair Virtual 2022 ini dilakukan untuk membuka besarnya peluang kerja bagi masyarakat yang ingin mendaftar di perusahaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

“Ini merupakan kegiatan strategis dalam upaya memberikan akses peluang kerja bagi para pencari kerja, serta menciptakan pasar kerja yang inklusif di Indonesia,” jelasnya.

Ridwan bilang, pemerintah berkomitmen mengimplementasikan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bagi setiap warga negara dengan hak yang sama demi mendapatkan lapangan pekerjaan.

“Para saudara kita yang ingin bekerja akan diberikan jaminan pekerjaan sesuai dengan minatnya pada saat melamar. Di sisi lain perusahaan juga mendapatkan pekerja yang dibutuhkan demi kemajuan dan kesejahteraan,” ujarnya.

Baca Juga:





Sekda Kota Ternate, Jusuf Sunya, menambahkan pemerintah kota memang kesulitan membuka lapangan kerja, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan ada banyak lowongan pekerjaan untuk masyarakat.

Senada, Kabid Perluasan dan Kesempatan Kerja Disnaker Ternate, Ikram Halil, mengatakan bahwa kegiatan Job Fair adalah langkah untuk menekan angka pengangguran di Kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya.

“Tata cara pendaftaran, bisa langsung ke Dhuafa Center dan bertemu dengan HRD perusahaan untuk mendaftar, atau bisa mengakses dan mendaftar melalui link bursa kerja Ternate di laman http://lentera-disnaker.ternatekota.go.id,” jelasnya.

Ikram menyebut para peserta yang telah mendaftar di link Lentera, selanjutnya akan dimasukan ke link Siap Kerja dan nama pencari kerja langsung terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja.

“Semua berkas masuk akan diverifikasi oleh perusahaan masing-masing, sehingga mereka yang belum beruntung di 2021 lalu, bisa mencobanya kembali sesuai ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan,” tutupnya.

Penulis: Tim Hpost
Editor: RHH

Baca Juga