Pendidikan

Tingkatkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah di Tidore Kepulauan Melalui Asistensi Mengajar

Swafoto bersama usai Kegiatan Akselerasi Kurikulum Program MBKM Asistensi Mengajar || Foto: Istimewa

Tidore, Hpost – Dalam rangka meningkatkan pembelajaran bahasa dan sastra daerah, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Khairun (Unkhair) Ternate berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Bertempat di Aula Handayani Disdik Tidore, Kamis 11 Agustus 2022, kolaborasi kedua pihak makin mantap dalam kegiatan Akselerasi Kurikulum Program MBKM Asistensi Mengajar yang dimotori Prodi Sasindo.

Koordinator Prodi Sasindo, Rahma Djumati menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan membantu pembelajaran bahasa dan sastra daerah di sekolah dasar (SD) di Kota Tidore Kepulauan.

"Tindak lanjut kegiatan ini adalah implementasi MBKM Asistensi Mengajar mahasiswa Sastra Indonesia. Di mana, mereka akan melaksanakan asistensi mengajar di satuan pendidikan dasar Kota Tidore, pada September mendatang," ujar Rahma.

Rahma bilang, di sisi lain, asistensi mengajar ini berdampak pada pengembangan jiwa kepemimpinan, soft skill, karakter, serta pengalaman mengajar yang diperoleh mahasiswa.

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dra. Nurprihatina Hasan, pemberi sambutan sekaligus pembuka acara, Kadis pendidikan Kota Tidore Kepulauan Zainudin Umasangaji.

Kemudian Wakil Dekan 3 FIB Unkhair Ridwan, serta Kabid Pendidikan Dasar Yakub Ismail dan 8 kepala sekolah sasaran asistensi mengajar mahasiswa MBKM.

"Sebagai koordinator pelaksana kegiatan kami mengucapkan terima kasih kepada Kadis Pendidikan dan kabid Pendidikan Dasar yang telah bersedia menerima kami dengan baik dan penuh kehangatan serta memfasilitas kegiatan ini," ucap Rahma.

Sementara Kadis Pendidikan Kota Tidore, Zainudin Umasangaji mengatakan kolaborasi ini sebagai suatu kehormatan bagi pihaknya sekaligus menjadi hadiah indah pada momentum Hari Kemerdekaan RI ke-77.

"Dengan program ini, Pendidikan Kota Tidore Kepulauan khususnya bidang bahasa dan sastra daerah diharapkan dapat membantu kepala Sekolah dan Guru pada satuan pendidikan Khusus SD dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tidore Kepulauan," kata Zainudin dalam sambutannya.

Baca Juga:





"Apalagi saat ini dinas pendidikan sedang mencanangkan pembiasaan Bahasa Daerah Tidore di sekolah dasar," sambungnya.

Bagi Zainudin, kerjasama dengan pihak akademisi ini sejatinya dapat mewujudkan generasi profil Pelajar Pancasila di Kota Tidore Kepulauan.

"Saya berharap dengan kehadiran mahasiswa dapat membantu peningkatan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ektrakurikuler bidang seni dan budaya, dan bisa membantu program pembiasaan bahasa Daerah Tidore," tandasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini pun dirangkaikan dengan penandatanganan MoA kedua pihak, sekaligus penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Studi sastra Indonesia dan Antropologi Sosial dengan 8 kepala Sekolah yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga