Lingkungan

Warga Lelilef Kesal Karyawan IWIP Sembarang Buang Sampah, Pemda Harus Tangani

Sampah menumpuk di badan jalan kawasan tambang di Weda Tengah, Halmahera Tengah || Foto: Istimewa

Weda, Hpost – Karyawan PT Indonesia Weda Industrial Park (IWIP) di Desa Lelilef Woibulen, Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara diminta jangan sembarang membuang sampah di sejumlah lokasi.

"Sampah ini bikin kami warga yang tinggal di sekitar jembatan merasakan dampaknya. Padahal saya sendiri sudah pasang larangan buang sampah," kata Rismawanda, warga Lelilef Woibulen, kepada Halmaherapost, Senin 15 Agustus 2022.

Rismawan yang tinggal di jembatan kedua setelah jembatan panjang Lukulamo, mengaku bahwa sudah sering menegur para karyawan agar tidak menumpuk sampah di lokasi tersebut.

"Kami sudah ulang kali menegur mereka tapi hasilnya tetap sama saja. Oleh karena itu, kami minta pemerintah daerah menangani masalah sampah tersebut," cetusnya.

Baca Juga:





Menurut Rismawan, Pemkab Halmahera Tengah perlu merumuskan pengelolaan sampah di Wilayah Kecamatan Weda Tengah.

Kemudian, kata dia, peringatan harus diberikan kepada mereka yang tidak memiliki kesadaran buang sampah dan menjaga lingkungan dari kebersihan.

Di sisi lain, kata Rismawan, pemilik indekos di Desa Lelilef perlu bertanggung jawab dalam menangani sampah tersebut.

"Karena kebanyakan yang buang sampah itu karyawan yang tinggal di kos-kosan. Tiap subuh saya lihat mereka buang. Tong yang tinggal di sekitar jembatan so tara mampo togor," tandasnya.

"Jangan Bupati dan Wakil Bupati seenaknya datang ke Lelilef dan lihat kondisi sampah ini seakan-akan tutup mata saja. Ini perlu diperhatikan," cetus pemilik salah satu rumah makan itu.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga