Kabar

Elang-Rahim Raih Penghargaan Penanganan Stunting di Maluku Utara

Weda, Hpost – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Edi Langkara dan Abdurrahim Odeyani (Elang-Rahim) meraih penghargaan penanganan stunting.

Penghargaan tersebut diraih dalam penilaian kinerja delapan (8) Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2021 tingkat Propinsi Maluku Utara, yang digelar di Prime Plaza Hotel Sanur Pulau Bali, Selasa 30 Agustus 2022.

Dalam kesempatan itu, penyerahan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, DR. Teguh Setyabudi.

Kabupaten/kota yang mendapatkan undangan pemberian apresiasi penilaian kinerja delapan (8) aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2021 sebanyak 48 kabupaten/kota di Indonesia.

Sementara Kabupaten/Kota di Propinsi Maluku Utara yang mendapatkan ini yakni pertama Kabupaten Halmahera Selatan, kedua Halmahera Tengah, dan ketiga disusul Kabupaten Halmahera Timur.

Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara, mengatakan apa yang telah diraih ini merupakan upaya yang maksimal untuk menjadikan generasi emas Halmahera Tengah yang tangguh dan berkualitas sesuai misi pemerintahan daerah dalam mewujudkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

"Ini juga tidak terlepas dari sinergitas dan kerja terpadu melalui Bappelitbangda, Dinkes, Dinas P2KB, Pendidikan, serta Perkim dan Ketahanan Pangan," jelasnya.

Bupati sapaan Elang ini menyebutkan, program penanganan stunting mulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten melalui rakor dan workshop, sebagai upaya sinergitas maka ia sebagai Bupati telah menandatangani pakta kerjasama penurunan stunting dengan 40 kepala desa dalam wilayah Kabupaten Halmahera Tengah.

"Saya berharap agar OPD teknis yang menangani langsung pencegahan agar lebih optimal dan lakukan inovasi agar kedepan Halmahera tengah lebih baik dari saat ini," ujarnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda, Salim Kamaluddin mengatakan, penanganan stunting harus tetap didukung mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program kegiatan OPD yang terlibat langsung.

“Semua kegiatan yang mendukung stunting harus tepat sasaran sebagaimana yang sudah direncanakan pada aksi II (perencanaan kegiatan) sehingga kedepan Kabupaten Halmahera Tengah angka prevalensi stunting dalam diturunkan” tegasnya.

"Penghargaan ini juga sebagai motivasi kepada Pemda Halteng agar OPD terkait dapat lebih meningkatkan kinerja dalam menangani stunting dan mendukung Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Halteng yang lebih unggul," tutupnya.

Pada acara Workshop ini, Pemkab Halmahera Tengah diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan, Lutfi Djafar, dan Kepala Bidang Pemerintahan, Pembangunan Daerah dan Manusia Bapplitbangda Halteng, Feher Lasut.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga