Kebencanaan

Pemda Kepulauan Sula Terima Kunjungan Basarnas Ternate, Ini Agendanya

Wakil Bupati Sula bersama jajaran Basarnas Ternate || Foto: Istimewa

Sanana, Hpost - Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman melakukan kunjungan kerja ke Unit Siaga Sar Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kamis 08 September 2022.

Dalam kunjungannya, Kepala Basarnas Ternate disambut Danpos Unit Siaga Sar Sanana, Rudin Jr beserta personil Unit Siaga Sar Sanana.

Kunjungan tersebut guna melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta peralatan dan memberikan pengarahan kepada para personil Unit Siaga Sar Sanana.

Fathur menyampaikan untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan, baik itu kesiapsiagaan personil dan juga kesiapsiagaan peralatan, Palsar laut maupun Palsar darat serta merawat peralatan dengan baik.

"Sanana merupakan daerah kepulauan yang luas, dan sering terjadinya kondisi yang membahayakan jiwa manusia. Di mana sering terjadi kecelakaan kapal, nelayan yang hilang saat melaut serta tentunya bencana alam," katanya.

Fatur juga menekankan kepada personil untuk selalu tanamkan 3 poin dalam bekerja. Pertama, disiplin dalam bekerja, yang ke dua semangat untuk berlatih dan yang ketiga tingkatkan kesiapsiagaan karena siaga untuk menolong dan menyelamatkan.

Baca Juga:


Mahasiswa IAIN Ternate Geruduk Kantor Wali Kota, Tolak Harga BBM hingga Tarif Angkot

Orang nomor satu di jajaran Basarnas Ternate itu juga melakukan pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, yang diterima Wakil Bupati Sula, M Saleh Marasabessy.

Saat pertemuan dengan Wakil Bupati, Fathur mengatakan tujuannya adalah untuk bersilaturahmi dengan pemerintah kabupaten setempat.

Dan juga meminta kiranya Pemerintah Sula dapat menghibahkan Lahan guna pembangunan bangunan Unit Siaga Search And Rescue (SAR) Sanana.

Wakil bupati dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih atas kunjungan dari Kepala Basarnas Ternate ke Kabupaten Kepulauan Sula.

"Terimakasih kasih atas kunjungan bapak. Kami pemerintah daerah akan bersusah mencari lahar dan juga tempat untuk Basarnas tentunya, karena kehadiran Basarnas di sula sangat di perlukan guna untuk mengantisipasi terjadinya musibah maupun bencana," ungkapnya.

"Terimakasih juga selama ini Basarnas dalam hal ini Unit Siaga Sar Sanana selalu sigap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kepulauan Sula yang membutuhkan pelayanan Jasa Sar," sambung dia.

Selain itu, Kepala Basarnas Ternate juga melakukan pengecekan tempat sandaran Sea Rider (RIB) Basarnas di Desa Bajo, Sanana. Setelah pertemuan dengan Wakil Bupati, Koordinasi juga dilanjutkan dengan Kalak BPBD Sula dan juga Instansi terkait lainnya.

Baca Juga