Opini

Kehadiran Presiden dan Perhatian Terhadap Kesehatan Masyarakat

Nadhir Wardhana Salama

  • Sekretaris Jenderal Terpilih Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dipastikan akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Maluku Utara pada 27 September 2022. Salah satu tujuannya meninjau pembangunan smelter di Maluku Utara.

Sebagai proyek strategis nasional, presiden berkepentingan untuk memastikan bahwa proyek tersebut dapat dibangun dengan baik, memberikan hasil maksimal dan menjaga agar tidak berdampak negatif bagi masyarakat sekitar.

Berdasarkan Permenko Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang perubahan atas Permenko Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang perubahan daftar proyek strategis nasional, proyek strategi nasional ini terdiri dari; Pembangunan 8 (delapan) fasilitas pengolaan dan pemurnian komoditas nikel oleh PT Aneka Tambang di Halmahera Timur; pembangunan 1 (satu) fasilitas pengolahan dan pemurnian komoditas pasir besi dan Vanadium oleh PT Alchemist Metal Industry di Halmahera Utara; pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian komoditas nikel terintegrasi dengan penambangan serta kawasan industri dalam rangka pengembangan EV Battery (baterai kendaraan listrik) Nasional PT Aneka Tambang group, PT Industri baterai Indonesia, serta mitra di Halmahera Timur.

Tambang dan Masa Depan Petani

Proyek ini memberikan kontribusi kepada ekonomi karena membuka lapangan pekerjaan, menaikan nilai jual dari hasil pertambangan nikel, sebagai perwujudan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Meski memberikan dampak ekonomi, proyek-proyek berbasis pertambangan selalu punya konsekuensi terhadap lingkungan. Bentuknya berupa pembukaan lahan, perubahan permukaan tanah, dan perubahan ekosistem.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga