Pelayanan

IWIP Dukung PLN Terangi Halmahera Tengah

Penandatanganan MoU PT IWIP dengan PLN. Foto: Istimewa

Weda - PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) akan menyuplai energi ke PLN sebesar 5 Megawatt. Ini untuk menerangi sejumlah kecamatan di Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Hal ini setelah adanya penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Plt General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara, Awat Tuhuloula, dengan Vice President IWIP Kevin He.

Penandatanganan yang dilakukan di Kantor IWIP pada Jumat 3 Februari 2023, itu disaksikan langsung oleh Pj Bupati Halteng Ikram M Sangadji dan jajaran Forkopimda serta Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto di Jakarta secara daring.

Baca:

Eks Kapten Arsenal Kepincut dengan Gelandang Garuda Select Asal Ternate

Hattrick Bomber Morotai City Permalukan Tuan Rumah Sinar Darame

Seorang Perempuan di Ternate Diduga Dilindas Truk Pertamina

Dalam kerja sama tersebut, IWIP bakal memberikan akses pasokan listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) miliknya untuk kebutuhan masyarakat yang akan berlangsung selama 2 tahun dan terbuka untuk terus diperpanjang.

Plt General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara, Awat Tuhuloula, menjelaskan bahwa saat ini kondisi daya mampu PLN Weda sangat mepet jika dibandingkan dengan beban yang diterima.

“Sistem kelistrikan di Halteng memerlukan ketahanan pasokan yang cukup, dan alhamdulillah atas koordinasi yang luar biasa dari IWIP, serta dukungan dari Pak Bupati, kerja sama ini bisa terjalin,” jelas Awat sesuai keterangan resmi yang diterima Halmaherapost.com, Sabtu 4 Februari 2023.

Ia bilang, selanjutnya akan dilanjutkan dengan pekerjaan pembangunan dan perbaikan jaringan untuk akses dari IWIP, sehingga masyarakat bisa cepat merasakan manfaatnya.

“Semoga dengan energize listrik dari IWIP ini menambah keandalan sistem kelistrikan di Halteng, khususnya di Weda dan sekitarnya,” katanya.

Pj Bupati Halteng Ikram M Sangadji menyatakan bahwa ini merupakan hal yang bersejarah bagi masyarakat Halteng.

“Kita sudah berkomitmen sejak awal bahwa daerah ini harus merasakan manfaat langsung,” ucap Ikram," katanya.

“Terima kasih semuanya sehingga kita dapat menunaikan harapan masyarakat agar Halteng menjadi terang benderang,” ucapnya.

Sementara itu, Vice President IWIP Kevin He turut berbahagia atas terjalinnya kerja sama ini. Baginya, ini merupakan bentuk dari upaya connected IWIP to the people.

“Kita berharap masyarakat bisa merasakan langsung manfaat dari energize ini. Bagi IWIP, kerja sama ini juga sebagai kontribusi balik bagi masyarakat, karena masyarakat di sekitar juga sudah memberikan yang terbaik untuk IWIP,” katanya.

Secara khusus, Kevin juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Pj Bupati Halteng.

"Kebijakan ini tak akan terjadi tanpa dukungan yang luar biasa dari Pemkab Halteng," pungkasnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga