Komoditi

Waw!.. Harga Cengkeh di Kepulauan Sula Meroket

Rempah pala dan cengkeh di salah satu toko pembeli di Ternate || Foto: Fadli/Hpost

Sanana - Harga cengkeh kering di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, telah mencapai Rp125 ribu per kilogram, dan diperkirakan akan terus naik hingga mencapai puncak musim panen.

"Saat ini, harga cengkeh di Kepulauan Sula berada dalam kisaran Rp125.000-130.000 per kilogram," ujar Yamin, seorang petani cengkeh dari Desa Waibau, Kecamatan Kota Sanana, pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Yamin menjelaskan bahwa harga cengkeh mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2022, ketika harganya hanya sekitar Rp70-80 ribu per kilogram. Saat ini, harga cengkeh terus mengalami kenaikan dan diperkirakan akan terus naik.

Baca juga:


Penyebab Misteri Warna Air Sungai Sagea di Boki Maruru, Halmahera


Kejari Morotai Terus Dalami Kasus Dugaan Tipikor yang Melibatkan Nama Sekda


Misteri Berubahnya Warna Air Sungai Sagea, Boki Maruru di Halmahera Tengah


"Harga cengkeh saat ini telah mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat harga tertinggi sebelumnya hanya mencapai Rp80 ribu per kilogram," katanya.

Yamin bilang, meskipun panen cengkeh dimulai pada awal bulan Agustus, namun hasil panen belum merata di seluruh wilayah, dan diperkirakan akan berlanjut hingga bulan Oktober mendatang.

Marji, seorang petani cengkeh lainnya, juga mengungkapkan pandangan yang serupa bahwa harga cengkeh pada tahun 2023 mengalami kenaikan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Hartati Panigfat
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga