HUT RI ke 78

Pengibaran Bendera Setengah Tiang di Pelabuhan, Warga Hiri Tuntut Keadilan di Hari Kemerdekaan

Pengibaran bendera merah putih di Pelabuhan Hiri, Kamis 17 Agustus 2023 || Foto: AMPUH/Halmaherapost

Ternate - Aliansi Masyarakat Pulau Hiri (AMPUH) memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera setengah tiang di atas tumpukan tetrapod (pemecah ombak) yang terletak di dermaga penyeberangan Pulau Hiri, Kecamatan Ternate Barat, Maluku Utara.

Konsep upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia kali ini merupakan inisiatif dari AMPUH, yang juga melibatkan pemuda-pemudi Pulau Hiri.

Upacara sederhana dan unik yang diadakan pada Kamis, 17 Agustus 2023 ini juga merupakan wujud kecintaan generasi muda Pulau Hiri terhadap Indonesia, khususnya Kota Ternate.

Wawan Iliyas, Korlap AMPUH, mengatakan bahwa meraih kemerdekaan merupakan hasil perjuangan rakyat yang rela mengorbankan jiwa dan raga, bahkan nyawa. Namun, jika proses pembangunan tidak sesuai dengan prinsip kemanusiaan dan keadilan, maka pemerintah perlu diingatkan.

Baca juga:


Begini Cara Satpol PP Morotai Menertibkan Hewan Ternak


Waw!.. Harga Cengkeh di Kepulauan Sula Meroket


Puluhan Narapidana di Halmahera Tengah Dapat Remisi


"Hal ini juga berlaku bagi Pemerintah Kota Ternate yang tidak melaksanakan pembangunan sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini," ujarnya usai upacara bendera.

Wawan Iliyas menyoroti bahwa meskipun masyarakat setempat telah berjuang bertahun-tahun untuk pelabuhan Sulamadaha-Hiri, hasilnya masih mengecewakan.

Lokasi upacara ini juga menjadi bukti bahwa Pemerintah Kota Ternate tidak serius dalam memperhatikan masyarakat di kecamatan terluar, yakni Pulau Hiri.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga