Wisata

Wisata Morotai Sepi Pengunjung, Kadispar: Wings Air tak Konsisten

Wisatawan lokal yang berenang menikmati jernihnya pantai Dodola || Foto: Maulud/HMN

Morotai - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Kalbi Rasid, mengakui bahwa angka kunjungan wisatawan di Pulau Morotai tahun 2023 mengalami penurunan drastis akibat ketidak konsistensi jadwal penerbangan Wings Air.

"Ketidak konsistensi jadwal maskapai penerbangan yang masuk ke Morotai membuat jumlah wisatawan yang berkunjung juga menjadi sedikit," ungkap Kalbi dalam acara penguatan jaringan tata kelola Desa Wisata, Kamis 5 Oktober 2023.

Terkait hal ini, ia menyebut bahwa pihaknya baru-baru ini melakukan pertemuan dengan manajemen sejumlah resort dan hotel di Morotai.

Baca juga:


Harga 3 Komoditas di Ternate Masih Stabil, Kopra Menurun


Harga Ikan di Pasar Higienis Ternate, Oktober 2023


Sultan Ternate: Tauhid Bisa Dua Periode, Begini Kisi-kisinya


"Mereka menyampaikan bahwa pada awal dan pertengahan tahun 2023, mereka sudah melakukan reservasi tempat, seperti di Mitita, Vila Marahai, Jababeka Da'loha, Molokai, serta operator penyelaman. Namun, semuanya terpaksa dibatalkan karena jadwal pesawat yang tidak konsisten," kata Kalbi.

Ia juga mengakui bahwa sebelumnya pihaknya telah mengirim surat kepada maskapai Wings Air untuk meninjau kembali jadwal penerbangan dan harga tiket dari Ternate ke Morotai. Menurutnya, harga tiket yang terjangkau dan konsistensi jadwal penerbangan akan menjadi garansi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Morotai.

"Kami perlu menyampaikan informasi bahwa kami mengalami penurunan angka kunjungan wisata yang luar biasa," ujarnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Maulud Rasai
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga