Air Sungai Sagea

Perjuangan Menyelamatkan Air Sungai Sagea Dihadang Gas Air Mata

Tangkapan layar video tembakan gas air mata dan water cenon ke arah massa aksi dari warga Sagea yang terhimpun dalam Koalisi Selamatkan Kampung Sagea atau #SaveSagea.

Weda - Aksi protes Koalisi Selamatkan Kampung Sagea atau #SaveSagea pada Sabtu, 28 Oktober 2023, terkait aliran Sungai Sagea di Weda Utara, Halmahera Tengah, Maluku Utara, yang kembali mengalami perubahan warna, berakhir ricuh.

Warga terlihat mengikat kepala dengan kain merah, menggunakan sejumlah kendaraan truk dan mobil serta membawa spanduk-spanduk berisi tuntutan. Mereka menuju site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) dan PT. Weda Bay Nickel (WBN) untuk menyampaikan tuntutan mereka.

Baca juga:


Gedung TIC Pulau Morotai Senilai 3 Miliar Terbengkalai, Fasilitas Pendukung Nihil


Resmi! Malut United Rekrut Gelandang Persebaya, Dua Pemain Asing Didepak


Empat Pemain Liga 1 Masuk Radar Malut United FC, Nomor 4 Fantastis


Saat tiba di Lipe Gate 3 PT IWIP, massa tertahan oleh pihak keamanan, termasuk polisi dan security PT IWIP. Ricuh pun tidak dapat dihindarkan, polisi kemudian melepaskan tembakan gas air mata dan water cannon.

"Korban mungkin tidak ada, tapi gas air mata membuat ibu-ibu dan sebagian masyarakat kaget. Ada satu pemuda aksi yang bahkan pingsan karena tidak tahan," ucap koordinator aksi, Mardani Legayelol.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga