Pariwisata

TIC Morotai: Bangunan Senilai 3 Miliar yang Belum Difungsikan, Fasilitasnya “Raib”

Gedung TIC Morotai yang belum difungsikan tanpa fasilitas || Foto: Maulud/Halmaherapost

Morotai - Gedung Tourism Information Center (TIC) di kawasan Water Front City (WFC) Zona II Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, belum difungsikan. Fasilitas pendukung juga belum tersedia di gedung tersebut.

Pantauan Halmaherapost.com pada Selasa, 21 November 2023, menunjukkan bahwa setelah berdirinya bangunan tersebut, tidak dilengkapi dengan fasilitas di dalamnya, termasuk papan pusat informasi pariwisata yang sudah dianggarkan, juga tidak terlihat di sana.

Kondisi bangunannya tidak terawat, ruangan gedung TIC berdebu karena sisa-sisa material proyek yang berserakan.

Baca juga:


Strategi Timnas AMIN di Jawa Tengah, “Perang Gerilya” Gerakan Rakyat


Lumbung Suara AMIN Dipaparkan, Bertumpuh pada Gerakan Rakyat


Mesin ATM BRI di Morotai Dibobol OTK


Berdasarkan data yang dikantongi Halmaherapost.com dari laman http://lpse.pulaumorotaikab.go.id, pembangunan TIC dilengkapi dengan perlengkapannya, termasuk ruang serbaguna, kantor pengelolaan, dan papan pusat informasi pariwisata, dengan nilai paket Rp 3.096.869.700,00, yang dianggarkan melalui APBD tahun 2022.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Gedung TIC, Djunaidi Rais, saat dikonfirmasi mengakui bahwa semua perlengkapan, termasuk kursi dan perlengkapan lain di dalam gedung, sudah tersedia di Dinas Pariwisata. Namun, ia menambahkan, "Karena gedung TIC rawan pencurian, kami menyimpannya di sini."

Pernyataan tersebut juga diakui oleh salah satu staf di Dinas Pariwisata Morotai, yang menyatakan bahwa fasilitas di gedung TIC sudah ada. Namun, terkait dengan teknisnya, media ini disarankan untuk mengkonfirmasi lebih lanjut kepada Sekretaris Dinas Pariwisata Morotai, Saban Lanoni.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Maulud Rasai
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga