Pemilu 2024

Begini Cara Panwaslucam Pulau Hiri, Ternate Sosialisasi Netralitas dalam Pemilu 2024

Sosialisasi Netralitas ASN, TNI-Polri di Pulau Hiri. Foto: Dok Panwaslucam Hiri

Ternate - Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara melalukan sosialisasi tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri dalam pem.

Kegiatan dengan cara membagikan pamflet dan selebaran tersebut berlangsung di area Pelabuhan Hiri, pada Senin 27 November 2023.

“Pembagian pamflet atau selebaran merupakan langkah preventif dan juga saling mengingatkan untuk ASN, TNI dan Polri dalam Pemilu 2024,” kata Junaidi Dahlan, Ketua Panwaslu Kecamatan Pulau Hiri.

Menurutnya, langkah pencegahan ini bagian dari bentuk menegakan Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang sistem pemilihan umum.

"Karena, fenomena keterlibatan Aparatur Sipil Negara, anti politik uang dalam momentum pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah tidak lagi menjadi hal tabu," ujarnya.

Baca juga:

Dandim Tobelo Ingatkan Tugas TNI dalam Pengamanan Pemilu 2024, Prajurit Harus Netral

Ada Dugaan Pungli Perayaan Hari Guru di Ternate

Diduga Lakukan Penipuan Kontrak Lapak, Oknum Anggota Polisi di Ternate Dilaporkan ke Propam

Hal ini kata dia, telah dibuktikan pada pemilu 2019 indeks kerawanan ASN yang di rilis oleh Bawaslu RI yakni terdapat 99 penanganan pelanggaran terkait netralitas ASN, dan 89 persen Bawaslu rekomendasikan ke KASN.  Kemudian, saat Pilkada 2020, terdapat 1.536 penanganan pelanggaran netralitas ASN dan 91 persen, Bawaslu rekomendasikan ke KASN.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Redaksi

Baca Juga