Pemilu 2024

Polda Maluku Utara Terjunkan Ratusan Personel Amankan TPS, Begini Kesiapannya

Simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Polda Maluku Utara. Foto: Istimewa

Ternate - Sebanyak 845 personel Polda Maluku Utara disiapkan untuk melakukan pengamanan tahap pemungutan suara dan rekapitulasi suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Ratusan personel tersebut akan memback up Polres jajaran di 9 Kabupaten/Kota, dengan rincian Tidore 65, Halut 63, Halbar 63, Halsel 224, Halteng 94, Haltim 45, Kepulauan Sula 151, Pulau Morotai 46, dan Pulau Taliabu 94.

Kini mereka telah melakukan pemantapan melalui simulasi. Dalam kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolda itu juga dihadiri dan disaksikan oleh perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Kegiatan simulasi ini sebagai praktek nyata pelaksanaan pengamanan pemilu, dalam rangka memberikan pemahaman yang detail kepada anggota dalam pengamanan Pemilu," ucap Wakapolda Maluku Utara Brigjen Pol Samudi melalui Kabid Kabid Humas AKBP Bambang Suharyono

Ia bilang, dengan kehadiran pihak KPU dan TNI memberikan kesan bahwa pengamanan Pemilu tidak hanya tanggung jawab kepolisian.

Baca juga:

Begini Tujuan Torang Prabowo Maluku Utara Gelar Senam Gemoy dan Jalan Sehat

Program Prabowo-Gibran Disosialisasikan oleh Pandawa Lima di Maluku Utara

Frets Butuan Pastikan Akan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Maluku Utara

"Tetapi juga melibatkan kerjasama lintas sektor untuk menjaga integritas dan keamanan jalannya proses demokrasi," katanya.

Dalam simulasi tersebut, para peserta berupaya mensimulasikan berbagai skenario risiko yang mungkin terjadi di TPS, baik dari unsur kepolisian maupun unsur lainnya, dilibatkan dalam situasi yang mendekati realitas untuk menguji responsivitas dan efektivitas pengamanan yang mungkin timbul pada hari pemungutan suara nanti.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Rls
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga