Penyelanggara Pemilu

Pembentukan Panwascam Mulai Disosialisasikan Bawaslu Pulau Morotai

Sosialisasi Pembentukan Panwascam oleh Bawaslu Pulau Morotai || Foto: Maulud/Halmaherapost

Morotai - Buka rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, gelar sosialisasi ke sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pembentukan Panwascam itu berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu untuk Pemilihan Tahun 2024.

Sosialisasi yang berlangsung di kantor Bawaslu Pulau Morotai, Desa Pandanga, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), pada Kamis 25 April 2024, itu dihadiri oleh Ketua Cabang IMM Pulau Morotai, Ikfan Pina, Ketua Fatayat NU, Yuliana, perwakilan HMI, perwakilan KNPI, perwakilan LBH-PA, perwakilan PMII, perwakilan GMNI, perwakilan GMKI, dan perwakilan Muhamadiyah Pulau Morotai.

Baca juga:


Trah Mus Keroyok PKB Maluku Utara, Malik Bocorkan Kisi-kisi Rekomendasi


Taufik Madjid Resmi Mendaftar ke PKB, Malik: Kami Sering Bertemu


Benny Laos Resmi Mendaftar ke Demokrat, Jubir: Kami se-Visi


Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle, dalam keterangannya menyampaikan, pembentukan Panwascam kali ini berbeda dengan KPU.

"Kami Bawaslu berbeda dengan KPU. Dimana KPU melakukan perekrutan baru secara menyeluruh, sedangkan Bawaslu melakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan terhadap Panwascam yang pernah mengawasi Pemilu sebelumnya," ucapnya Ramla melalui via zoom.

Ramla menjelaskan bahwa proses pembentukan Panwascam ini terdiri dari dua kategori, yaitu peserta existing dan peserta pendaftar baru.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Maulud Rasai
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga