Pendidikan

Ujian Sekolah Tingkat SD-SMP di Ternate Dilaksanakan 5 April

Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMK Negeri 8 Halmahera Tengah berjalan lancar. Meskipun begitu ada dua siswa sekolah itu tak ikut ujian, Selasa 17 Maret 2020 || Foto: Eno/Hpost

Ternate, Hpost – Ujian sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kota Ternate, Maluku Utara, bakal dilaksanakan pada 5 April 2021 mendatang.

Hal itu katakan Pelaksana tugas Dinas Pendidikan Kota Ternate, Mahmud J. Abdurahman, Minggu 28 Maret 2021.

Ia bilang ada 113 SD dan 26 SMP, baik negeri maupun swasta. Untuk mekanisme UAS, dikembalikan ke sekolah dan akan dilakukan secara tertulis.

Baca juga: 

Sulit Akses Internet, Pelajar di Halmahera Utara Ujian di Pantai

Kunjungi Halmahera Utara, Kadis Pendidikan Monitoring Ujian Sekolah

Dua Siswa SMK Negeri 8 Halmahera Tengah Tak Ikut Ujian

Karena ini kebijakan sekolah, maka seluruh administrasi mulai dari penyusunan soal, penyortiran, hingga cetak menggunakan dana Bos dan Bosda.

"Ujian untuk SD dan SMP tertulis. Karena ini juga tatap muka, tidak jadi online. Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi ada pembagian shift ujian," jelas Mahmud.

Dalam ujian nanti, ada tiga mata pelajaran yang diuji, di antaranya Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Untuk soal tidak ada kendala, karena sudah disusun. Selebihnya hanya akan disortir ulang dan disesuaikan lagi.

"Untuk nilai akan diakumulatifkan dengan nilai ulangan di sekolah berdasarkan rumus-rumus sesuai edaran. Jadi acuannya sudah ada, Alhamdulilah semua sekolah sudah siap, sisa pelaksanaannya saja," tandasnya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga