Perbankan

Jelang Ramadan, Bank Indonesia Maluku Utara Siapkan Rp 517 Miliar

Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara menggelar konferensi pers di Royal Resto, Kota Ternate. || Foto: Yunita Kadir/Hpost

Ternate, Hpost – Jelang ramadan 1442 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Maluku Utara menyiapkan kebutuhan uang sebesar Rp 517 miliar.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malut, Jeffri Dwi Putra mengatakan, jumlah uang yang disiapkan itu hingga Idul Fitri.

Menurut dia, tahun ini kebutuhan uang meningkat 14 persen, dibanding realisasi permintaan uang kartal pada ramadan tahun 2020.

“Tahun lalu sebesar Rp 452,5 miliar,” ungkap Jeffri dalam Konferensi Pers di Royal dan Resto, Kota Ternate, Senin 12 April 2021.

Dari proyeksi tersebut, Rp 484 miliar berupa Uang Pecahan Besar (UPB) terdiri dari Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Sedangkan Uang Pecahan Kecil (UPK) dengan angka Rp 20 ribu sebesar Rp33,8 miliar.

Ia menjelaskan, dari uang sebesar Rp 517 miliar ini, Ternate merupakan kota dengan persediaan uang tertinggi dibanding 9 kabupaten dan kota lainnya.

Sementara, untuk pengambilan uang dari setiap kabupaten kota dapat melalui bank unit masing-masing. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Karena KPW BI Provinsi Maluku Utara telah menyiapkan jumlah dan nominal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan uang pada ramadan dan lebaran,” terangnya.

Dia berharap, layanan penukaran uang di 64 jaringan kantor bank dapat menghindari kerumunan, sehingga protokol kesehatan dapat tetap terjaga di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, layanan penukaran uang oleh perbankan juga sebagai bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011.

"Jadi untuk kabupaten/kota, uangnya di distribusikan lewat bank unit, seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri. Kemudian bank unit yang distribusi lagi di bank cabang," paparnya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga