Tidore

Pasukan Paskibraka di Kota Tidore Jalani Prokes saat Latihan

Tidore, Hpost - Kesiapan pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, sudah mencapai tahap 70 persen. Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini bakal dilangsungkan di Pelataran Kantor Wali Kota Tidore.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tikep, Ali Dukomalamo, mengatakan pasukan Paskibraka sudah melakukan vaksinasi tahap pertama. Mereka dalam proses latihan juga tidak dilakukan karantina.

Bahkan, kata dia, saat memasuki lokasi latihan di kantor Wali Kota, 51 Paskibraka ini selalu di cek suhu tubuh dan diberi vitamin. Mereka akan menjalani vaksinasi tahap kedua pada 11 Agustus mendatang.

"Mereka tidak dikarantina karena saat ini masih dalam situasi pandemi. Habis latihan mereka kembali ke rumah masing-masing. Pergi dan pulang mereka ini selalu diantar dan dijemput panitia," tutur Ali.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kota Tikep juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 019.1/075/01/2021 tertanggal 27 Juli 2021 tentang partisipasi menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Ada enam poin yang ditegaskan dalam Surat Edaran itu, di antaranya tema HUT kemerdekaan ke-76 adalah Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, logo peringatan HUT, kibarkan bendera merah putih di seluruh lingkungan instansi dan di rumah-rumah penduduk mulai 1-31 Agustus 2021.

Berikutnya melakukan pembersihan kantor dan lingkungan, pemasangan umbul-umbul bendera pelangi dan memasang ucapan selamat HUT di depan kantor masing-masing, kepala dinas pendidikan diminta meneruskan surat edaran ini ke seluruh kepala sekolah, dan terakhir kepala Kecamatan diminta meneruskan surat edaran ini ke seluruh kepala kelurahan dan kepala desa.

Surat edaran tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari surat Menteri Sekretaris Negara nomor B-462/M/S/TU.004/06/2021 tertanggal 22 Juni 2021.

"Setelah mengikuti upacara penaikan bendera, Wali Kota, Wakil Wali Kota bersama Forkopimda akan mengikuti upacara secara virtual bersama di Istana Negara," kata Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tikep, Asis Hadad, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (5/8).

Menurut Asis, dalam upacara HUT Kemerdekaan di Istana Negara itu juga akan menampilkan Tarian Kapita asal Tidore.

"Tapi kami masih tunggu pemberitahuan jadwal dan waktu dari Kementerian Pariwisata," tutur Asis.

Asis mengaku, dari hasil pemantauan, sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kelurahan desa telah menindaklanjuti Surat Edaran tersebut.

"Upacara nanti tetap mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua tim pelatih Paskibraka Kota Tidore Kepulauan, Pelda Iskandar Alting, mengatakan pasukan Paskibraka ini sudah mulai berlatih sejak 28 Juli 2021.

Prajurit TNI di Kodim 1505 Tidore itu mengaku persiapan pasukan Paskibraka saat ini sudah mencapai 70 persen. Beberapa hari ke depan, pihaknya akan terus memoles psikologi peserta. Karena saat kelelahan, pasukan Paskibraka sering kehilangan konsentrasi, belum lagi mental mereka saat ditonton banyak orang di hari puncak perayaan upacara.

"Soal formasi dan kekompakan peserta Paskibraka sudah mantap, tinggal dipoles sedikit," katanya.

Jumlah pasukan Paskibraka Kota Tidore Kepulauan berjumlah 51 orang terdiri dari 28 putri dan 23 putra. 51 peserta itu, akan dibagi menjadi dua tim, sehingga ada tim yang bertugas mengibar bendera di pagi hari, dan ada tim yang bertugas menurunkan bendera di sore hari.

"Saat ini kami belum tentukan mana tim pengibar bendera dan mana tim penurunan bendera. Rencananya, pekan depan kami sudah akan bagi tim pagi dan tim sore," ucap Iskandar.

Penulis: BCS
Editor: Redaksi

Baca Juga