Kesehatan

Capaian Target Masih Rendah, Binda Gencar Melaksanakan Vaksinasi di Maluku Utara

Kepala Binda Maluku Utara saat menyampaikan sambutan saat kegiatan vaksinasi di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Foto: Dani

Ternate, Hpost – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Maluku Utara, gencar melaksanakan program vaksinasi di Kabupaten dan Kota, di Maluku Utara.

Kegiatan dengan target per hari di angka 3.500 di wilayah Maluku Utara itu, selain di Sekolah-sekolah untuk menyasar usia 12-17 tahun, juga door to door atau dari rumah ke rumah bagi masyarakat umum.

Kepala Binda Maluku Utara, Brigjen (Mar) Imam Sopingi, kepada Halmaherapost.com, mengatakan vaksinasi dilakukan sesuai program pemerintah sebagai upaya untuk mempercepat terciptanya ­Herd Immunity di Indonesia.

“Saya bangga pada para siswa yang menjadi pahlawan, karena telah bersedia mengikuti vaksinasi, sehingga dapat menyelamatkan bangsa ini dari Pandemi COVID-19,” ucap Imam disela-sela pelaksanaan vaksinasi di SMA  Negeri 10 Kota Ternate, Selasa 12 Oktober 2021.

Baca Juga:

Imam bilang, untuk saat ini capaian vaksinasi di Indonesia per tanggal 11 Oktober 2021 dosis 1 mencapai 48,13 persen dan dosis 2 mencapai 27,63 persen.

“Kalau di Maluku Utara per 11 Oktober 2021 masih jauh dari capaian Nasional yaitu dosis 1 baru mencapai 27,05 persen dan dosis 2 baru mencapai 12,07 persen,” katanya.

Menurut Imam, di antara sasaran vaksinasi yang menjadi fokus pemerintah adalah vaksinasi bagi pelajar. Di mana capaian Nasional vaksinasi pelajar dosis 1 15,02 persen dan dosis 2 10,87 persen.

“Target sasaran vaksinasi pelajar di Maluku Utara sebanyak sebanyak 145.842 orang, namun capaian vaksinasi pelajar masih jauh dari target yaitu dosis 1 baru mencapai 19.513 orang (13,4 persen) dan dosis 2 baru mencapai 2.973 orang (2.0 persen),” terangnya.

Kegiatan vaksinasi door to door oleh Binda Maluku Utara. Foto: Dani

Ia menambahkan, program vaksinasi untuk pelajar ini sudah disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bahwa akan mengupayakan pelaksanaan dlakukan secara masif di seluruh penjuru tanah air, dengan tujuan pembelajaran secara tatap muka dapat terus dilakukan.

“Program ini diutamakan untuk daerah-daerah dengan angka penularan kasus COVID-19 yang tinggi dan angka capaian vaksinasi masih rendah,” katanya.

Imam berharap, kegiatan vaksinasi seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Ternate ini, akan memotivasi Siswa dan Sekolah lain, untuk lebih masif lagi dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Sehingga target capaian vaksinasi pelajar di Maluku Utara berhasil optimal dan outcum yang diharapkan proses kegiatan belajar mengajar di wilayah kita ini dapat berjalan dengan lebih baik dan juga akan mampu menciptakan Indonesia sehat dan Indonesia Hebat,” pungkasnya.

Penulis: Qal
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga