Pariwisata

Pesona Kie Raha, Cara BI Dukung UMKM dan Pariwisata di Maluku Utara

Suasana expo kegiatan Pesona Kie Raha. Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara, membuat sejumlah kegiatan bertajuk “Pesona Kie Raha”.

Dalam kegiatan ini, Bank Indonesia menjadi katalisator atas terjalinnya kerjasama melalui penandatanganan nota kesepahaman antara PT Pos Indonesia dan UKM IKM Maluku Utara serta PT Garuda Indonesia dan Tara No Ate.

Deputi Kepala BI Perwakilan Maluku Utara, Hario Kartiko Pamungkas, mengatakan Maluku Utara mempunyai segudang potensi wisata dimulai dari wisata bahari, wisata budaya, maupun wisata sejarah.

Namun, kata dia, semua itu diperlukan berbagai upaya untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi sektor pariwisata pascapandemi COVID-19, salah satunya adalah dengan cara adaptasi, inovasi, dan kolaborasi.

“Kolaborasi aktif seperti yang akan Bank Indonesia lakukan bersama pemerintah agar ke depannya dapat dilakukan pembangunan infrastruktur yang memadai menuju destinasi wisata serta melaksanakan event pariwisata di daerah agar wisatawan dapat mendapatkan experience yang sulit dilupakan ketika mengunjungi Maluku Utara,” katanya, Minggu 14 November 2021.

Baca Juga:

Hario menambahkan, pihaknya membutuhkan dukungan masyarakat maupun organisasi pariwisata untuk terus berupaya mempromosikan pariwisata di Maluku Utara agar menaikkan pamor Maluku Utara sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Indonesia. Ia bilang, tentunya perlu didorong oleh semua pihak dan inisiatif dari UMKM itu sendiri untuk dapat bertahan dan berkembang dalam menghadapi kebiasaan baru.

“Kendala seperti mahalnya ongkos kirim dan juga beberapa kendala seperti supply kemasan dari luar daerah ke depannya bisa diatasi dengan adanya dukungan dari PT Pos Indonesia dan PT Garuda Indonesia kepada UMKM Maluku Utara dengan meringankan biaya ongkos kirim,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi agar para UMKM mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan.

“Dengan adanya rangkaian kegiatan Pesona Kie Raha ini, kami berharap rangkaian kegiatan Pesona Kie Raha ini dapat menjadi sebuah katalisator dalam usaha untuk akselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha di tengah pandemi, percepatan perputaran siklus ekonomi, mendorong semangat bangga produk lokal sebagai subtitusi produk impor, mendorong nation branding bagi produk lokal unggulan, dan mengubah kebiasaan baru bagi masyarakat dan UMKM melalui digitalisasi perdagangan dan sistem pembayaran,” pungkasnya.

Penulis: Samsul
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga