Pemerintah

Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Ake Gaale Definitif Segera Ditentukan

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya, saat ditemui usai Rapat Koordinasi TPID Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Kantor Wali Kota Ternate. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Panitia seleksi (Pansel)  akhirnya menetapkan masing-masing lima Calon Direksi dan Calon Dewan Pengawas Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate, Maluku Utara untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Hasil penetapan  pansel ini usai melakukan seleksi psikotes dan Uji Kompetensi dan Keahlian (UKK).

Hasil ini nanti akan disampaikan ke Wali Kota  Ternate, M Tauhid Soleman, selaku kuasa pemilik modal (KPM) untuk diuji lagi pada Rabu 24 November 2021 besok untuk menentukan tiga orang direksi dan dua dewan pengawas independen.

Sekretaris Pansel Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate, Jusuf Sunya, dalam rilisnya menyampaikan penetapan ini sesuai dengan ketentuan pasal 29 tentang Dewan Pengawas dan pasal 59 Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate.

Baca Juga:

"Setelah melalui tahapan wawancara dengan PKM, baru ditetapkan 3 orang direksi dan 2 orang dewas Indenpenden terpilih, serta 1 orang unsur pemerintah," kata Jusuf.

Sebagaimana diketahui, kata dia, bahwa 21 orang calon tersebut telah mengikuti tahapan psikotes sejak 16 November 2021 dan melewati UKK selama dua hari di Muara Hotel Ternate.

Ia menjelaskan, Pansel sudah melakukan proses seleksi secara ketat dengan indikator UKK seperti  pengalaman, keahlian, integritas, kepemimpinan,  serta pemahaman atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta memiliki kemauan dan dedikasi.

"Mereka yang terpilih tentunya memiliki kompentensi, keahlian dan pengalaman manejerial yang bisa menjawab pelayanan publik khusus air minum. Saat ini tahapan uji publik masih berjalan, jika ada masukan tentu akan menjadi  pertimbangan KPM dalam memutuskan nanti," jelasnya.

Ia menambahkan, apabila nanti terpilih, mereka akan menandatangi kontrak kinerja sebagai prasyarat. Jika kemudian hari oleh KPM dianggap tidak mampu maka mereka akan dievaluasi.

"Kita masih menunggu tahapan akhir dari proses ini. Mudah-mudahan dari lima calon direksi ini kan kita dapat tiga yang terbaik. Kita berharap berjalan lancar," pungkasnya.

Berikut ini calon direksi yang dinyatakan lolos, yaitu:

Abubakar Adam

Maslan Deis

Muhdar Assagaf

Sahrani Samadayo

Syafruddin

Calon dewas pengawas yang lolos:

Abdullah Bandang

Ahmad Kamis

Asrudin Hormati

Halid Thalib

Suwibno Nurmidin.

Penulis: SAR
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga