Gempabumi

Gempa 4.8 M Guncang Halmahera Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

lustrasi seismograf gempa bumi. || Foto: Getty Images

Gempa berkekuatan 4.8 magnitudo guncang wilayah Desa Manatahan Kecamatan Obi Barat dan Desa Kawasi Kecamatan Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pukul 12.55 WIT, Jumat 31 Desember 2021.

Pusat gempa terletak pada koordinat 1.46 Lintang Selatan dan 127.35 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat 35 km Barat Obi-Malut pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang kepada Halmaherapost.com.

Baca:

Tuntut Dana Siltap, Sejumlah Kades di Halmahera Utara Unjuk Rasa di Kantor BPKAD

Film Lokal GAUMEDI Siap Tayang di Bioskop Ternate

BNNP Rehabilitasi Puluhan Warga Maluku Utara, Didominasi Remaja

Andri bilang, berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Desa Manatahan dan Desa Kawasi III MMI (dirasakan oleh sebagian orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar namum beberapa lokasi tidak dirasakan atau dirasakan oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat).

“Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

“Hingga pukul 18.30 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan terjadi aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 2 kali,” pungkasnya.

Penulis: Qal
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga