Pendidikan

Unkhair Tindaklanjuti Kerja Sama dengan Pemda Halmahera Tengah, Yuk Simak Programnya!

Prosesi penandatanganan lanjutan kerja sama Unkhair dan Pemda Halteng. Foto: Julfikri/HN

Ternate, Hpost - Universitas Khairun Ternate di Maluku Utara kembali menindaklanjuti tahapan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Halmahera Tengah. Ada sejumlah program prioritas yang akan dilaksanakan ke depan.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Unkhair, Syawal Abd Ajid, mengatakan salah satu sasaran dari lanjutan kerja sama ini adalah mengoptimalkan kembali penguatan sumber daya manusia.

"Kerja sama ini sudah berjalan sebelumnya, tinggal kita revisi lagi sejumlah program yang akan dilakukan ke depan, untuk kedua pihak, baik pemda Halteng dan Unkhair," ujar Syawal, kepada awak media, Rabu 19 Januari 2022.

Syawal menyebut, ada sejumlah program yang direncanakan berjalan usai kerja sama tersebut, seperti pelaksanaan magang bagi mahasiswa, hingga program yang melibatkan tenaga dosen di lingkup pemda Halteng.

"Sebelumnya sudah banyak kegiatan dosen yang dilaksanakan di sana. Baik itu penelitian, melakukan studi kelayakan, dan sebagainya. Tentu ini harus ditingkatkan lagi," jelasnya.

Syawal bilang, pelaksanaan program yang dijalankan kedua pihak ini juga berdasarkan penguatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang saat ini sedang diprioritaskan.

Baca:

Tahun Depan, Tenaga Honorer di Ternate Dihapus

Jaksa Tetapkan 2 Tersangka Kasus GOR di Halmahera Timur, Kadispora Ikut Terseret

Warga Kecewa hingga Palang Kantor, Ini Penjelasan Lurah di Ternate

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Halmahera Tengah, Drs Edi Langkara, menyampaikan sejumlah poin penting dalam kerja sama tersebut.

"Ada beberapa progam yang saat ini sedang berjalan, seperti sektor perikanan, penyusunan database perikanan budidaya, penyusunan masterplan perikanan terpadu, dan penyusunan potensi peluang investasi," ujar Edi Langkara.

Ia mengatakan, pihaknya meminta agar Unkhair melakukan advokasi terhadap sumber daya manusia yang ada di Halmahera Tengah.

"Yang berikut adalah berkaitan dengan naskah akademik, penelitian dan perencanaan," jelasnya.

Penulis: RHH
Editor: RHH

Baca Juga