Bencana

Ada 4 Gunung Api di Maluku Utara yang Levelnya Waspada

Asap putih sedang hingga tebal di Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara. Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Terdapat empat gunung api di Maluku Utara yang berada di level II atau waspada.

Keempat gunung api ini, yakni Gunung Gamalama di Ternate, Gamkonora di Halmahera Barat, Dukono di Halmahera Utara, dan Gunung Ibu di Halmahera Barat.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mencatat bahwa di tahun 2021 telah terjadi erupsi di 11 gunung api, empat di antaranya berada di Maluku Utara yang berstatus waspada.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono mengatakan, di antara 11 erupsi gunung api tersebut terdapat 3 gunung api yang disertai awan panas, yakni Sinabung, Semeru, dan Merapi.

Sementara terdapat 7 gunung api yang mengalami erupsi disertai guguran lava, yaitu gunung Sinabung, Merapi, Semeru, Soputan, Karangetang, Rokatenda, dan Ibu (Halmahera Barat).

"Hingga 2021, terdapat 47 gunung api berstatus Level I (Normal), serta terdapat 18 gunung api berstatus Level II (Waspada), dan empat gunung api berstatus Level III (Siaga), dan tidak ada gunung api yang berstatus Level IV (Awas)," beber Eko, melansir CNBC, Sabtu 22 Januari 2022.

Eko menyebut, 18 gunung api dengan status waspada yakni Gunung Anak Krakatau di Kabupaten Lampung Selatan, Gunung Awu di Sulawesi Utara, Gunung Banda Api di Maluku, Gunung Gamkonora di Maluku Utara, Gunung Ibu di Maluku Utara, Gunung Ile Werung di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Gunung Karangetang di Sulawesi Utara.

Baca:

Sekretaris dan Bendahara Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Panwaslu Halmahera Utara

Jumlah Penduduk Miskin di Halmahera Tengah Menurun, Ini Alasannya

Distribusi Air di Ternate Diberhentikan Sementara, Perumda Ake Gaale Minta Maaf

Gunung lainnya yang berstatus waspada yakni Gunung Bromo di Jawa Timur, Gunung Dukono di Maluku Utara, Gunung Gamalama di Maluku Utara, Gunung Kerinci di Sumatra Barat, Gunung Lokon di Sulawesi Utara, Gunung Marapi di Sumatra Barat, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB), Gunung Sangeangapi di NTB, Gunung Sirung di Nusa Tenggara Timur (NTT), Gunung Soputan di Sulawesi Utara, dan Gunung Dempo di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Serta empat gunung yang berstatus siaga adalah Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Ili Lewotolok di NTT.

Penulis: Tim JMG
Editor: RHH

Baca Juga