TNI

Kemampuan Teritorial Babinsa Kodim 1508/Tobelo Ditingkatkan

Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra saat menyampaikan arahan kepada para Babinsa dalam kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Tahun Anggaran 2022. Foto: Kodim 1508/Tobelo

Tobelo, Hpost - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1508/Tobelo mengikuti kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Tahun Anggaran 2022, yang berlangsung di Barak Siaga Darmawangsa Kodim setempat.

Latihan yang dilaksanakan selama 3 hari, dimulai 21 Maret 2022 tersebut sebagai upaya memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan dalam melaksanakan tugas.

Dandim 1508/Tobelo, Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra mengatakan, Latnister merupakan suatu bentuk kegiatan yang sifatnya mengasah kemampuan para Babinsa dalam menjalankan tugas pokoknya.

Baca:

Banding Putusan PN Ternate, Hukuman Oknum Jaksa Narkoba Naik Lebih Tinggi

Gara-gara Napi Kabur, Kemenkumham Lakukan Pembinaan Terhadap 2 Pegawai Lapas Ternate

Kota Ternate Masuk Kandidat Warisan Geologi Indonesia

"Dihadapkan dalam perkembangan situasi dan kondisi yang up to date sehingga pelaksanaan pembinaan wilayah bisa dipertanggungjawabkannya guna kepentingan pertahanan negara," kata Eka.

Ia bilang, para Babinsa harus memiliki 5 kemampuan teritorial dan diterapkan dalam melaksanakan tugas di lingkungan masyarakat di wilayah binaan.

“Latnister ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan teknis satuan kewilayahan," katanya.

Sebab, menurutnya Babinsa adalah ujung tombak komando kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram.

”Jika Babinsa di wilayah selalu eksis dan mampu memberikan energi positif membantu program pemerintah desa maka akan terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa binaan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, para Perwira Staf Kodim 1508/Tobelo, personel Ba/Ta Makodim 1508/Tbl serta personel Koramil jajaran.

Penulis: Rls
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga