Lingkungan

Hujan Deras, Jalan di Kawasan PT IWIP Terendam

Jalur utama area kawasan Bandara PT IWIP di Halmahera Tengah, Maluku Utara, terendam banjir. Fenomena itu dianggap lazim ketika musim hujan tiba || Foto: Istimewa

Weda, Hpost - Hujan deras yang melanda sebagian wilayah di Halmahera Tengah, Maluku Utara, khususnya di Kecamatan Weda Tengah, pada Rabu 13 April 2022, menyebabkan ruas jalan Nasional Weda-Sagea tepatnya di Kawasan Industri PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) terendam.

Intensitas hujan lebat itu berlangsung sekitar 2 jam.

Salah satu karyawan PT IWIP, kepada Halmaherapost.com mengatakan, saat dirinya tiba di lokasi bandara PT IWIP sekira pukul 18.23 WIT, ruas jalan tersebut sudah terendam.

"Jalan yang terendam banjir itu mulai dari Bank Mandiri, sampai pintu masuk bandara, jaraknya itu sekitar 1 kilometer," kata karyawan, menerangkan.

Dia bilang, banjir juga diduga merendam areal jalan di belakang klinik PT IWIP yang biasa jadi jalur karyawan ketika pergi bekerja.

"Biasanya karyawan hendak pergi kerja dari arah Lelilef menuju Tanjung Ulie melewati jalur itu, tapi saat ini sudah dialihkan melalui jalur lain," jelasnya.

Para karyawan melintasi jalan yang terendam di Kawasan PT IWIP || Foto: Istimewa

"Kami sampai di perempatan Gomdi langsung diarahkan belok kanan menuju Tanjung Ulie," tutup dia.

Menurutnya, setiap musim penghujan, lokasi tersebut sudah memang lazim jadi langganan banjir.

"Jalan di lokasi bandara sudah pasti terendam kalau musim hujan," tandasnya. Sementara itu, belum diketahui pasti penyebab banjir yang sering melanda kawasan industri tersebut.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: RHH

Baca Juga