Industri

Petani Kelapa di Halmahera Utara Bakal Sejahtera, Ini Alasannya

Salah satu pabrik produksi kelapa || Foto: Istimewa

Tobelo, Hpost - Petani kelapa di Halmahera Utara, Maluku Utara, bakal memiliki peluang untuk sejahtera. Bagaimana tidak, PT Natural Indococonut Organik (PT. Niko) akan hadir untuk membuka peluang pasar.

Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Halmahera Utara Frans Manery. Menurutnya, kehadiran PT PT. Nico dapat membuka peluang pasar bagi masyarakat petani kelapa di Kabupaten Halmahera Utara.

"Halmahera Utara memiliki lahan kelapa yang begitu luas. Oleh sebab itu, kehadiran PT. Nico merupakan salah satu solusi untuk membuka peluang pasar bagi masyarakat petani kelapa," kata Frans, Jumat 20 Mei 2022.

Bupati dua periode ini mengatakan, selain membuka peluang pasar, Kehadiran PT. Nico juga bakal menyerap ribuan tenaga kerja yang tersebar di Kabupaten Halmahera Utara.

Baca:

Kesiapan JCH di Halmahera Tengah Sudah 85 Persen


Pulang Kampung, KickBoxing Peraih Emas di SEA Games Disambut Meriah

"Mudah-mudahan di bulan November 2022 pabriknya sudah rampung dan dipastikan awal Januari 2023 pabrik tersebut sudah mulai jalan," ucapnya.

Dengan begitu, Frans meminta kepada seluruh masyarakat Halmahera Utara untuk dapat mendukung. Sehingga ke depannya harga kelapa bisa stabil.

Selain itu, dirinya juga meminta agar masyarakat tidak lagi menebang pohon kelapa dan kalau bisa kembali menanam kelapa tersebut.

"Biasanya harus diproduksi menjadi kopra baru dijual, ke depan tidak lagi karena dengan hanya menjual buah saja masyarakat langsung mendapatkan uang," tandasnya.

Penulis: Ronald Muhama
Editor: RHH

Baca Juga