Ibadah Haji

Jemaah Haji Kepulauan Sula Tiba Kampung Halaman dengan Selamat

Suasana penyambutan jemaah haji di Istana Daerah (Isda) Kepulauan Sula || Foto: Hartati/Hpost

Sanana, Hpost - Jemaah haji asal Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Selasa pagi, 09 Agustus 2022, akhirnya tiba di Pelabuhan Sanana dengan selamat. Jumlah jemaah haji Kepulauan Sula diketahui sebanyak 51 orang.

Kepala Kemenag Kepulauan Sula, Saiful Djafar menyampaikan bahwa kepulangan jemaah haji dari Mekkah merupakan berkah bagi sebuah negeri.

"Kami akan terus berupaya memaksimalkan pelayanan ibadah haji di Kepulauan Sula. Walau pun, kadang dalam pelayanan ini terdapat masih terdapat kekurangan," kata Saiful di Istana Daerah, Selasa 09 Agustus 2022.

Baca Juga:


Jadwal Lengkap Jemaah Haji Maluku Utara Kloter 11 dan 12 Tiba di Ternate


DPRD Sebut Kasus Nama Sumatera Utara Masuk Daftar Inventarisasi Masalah 

Ia bilang, setiap jemaah haji sejatinya harus menjadi teladan di tengah masyarakat serta hadir untuk menyelesaikan masalah di desa.

"Karena sudah melaksanakan ibadah haji, kami benar-benar berhara agar keteladanan itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Sula, H. M Saleh Marassabesy menyampaikan, ibadah haji merupakan momentum seseorang dalam menguji keikhlasannya.

"Tanggung jawab ini tentu agar kita dapat berinteraksi dengan masyarakat, dengan pemerintah daerah, terutama dalam membantu tugas daerah yang banyak persoalan perlu diselesaikan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Saleh juga berpesan kepada jamaah haji aga selalu merendahkan diri meski telah menyandang predikat haji.

Baca Juga