Pemilu 2024

Libatkan AMSI, Bawaslu Maluku Utara Gelar Rakernis Pengawasan Kampanye Siber untuk Jajaran

Komisioner Bawaslu Maluku Utara Adrian Y. Naleng menyampaikan sambutan saat Rakernis Pengawasan Kampanye Siber di Tobelo, Halmahera Utara. Foto: Ramlan/halmaherapost.com

Tobelo - Bawaslu Maluku Utara menggelar kegiatan rapat kerja teknis (Rakernis) pengawasan kampanye berbasis siber dalam Pemilu 2024, di Tobelo, Halmahera Utara, pada Rabu 20 Desember 2023.

Diketahui, kegiatan tersebut melibatkan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Maluku Utara sebagai narasumber maupun peserta. Kemudian, dari bawaslu kabupaten/kota.

Komisioner Bawaslu Maluku Utara, Adrian Y. Naleng menyampaikan bahwa kegiatan itu penting dilaksanakan, apalagi tahapan kampanye sudah berlangsung.

"Kali ini diperhadapkan dengan Pemilu dan Pemilukada. Kemudian sistem kampanyenya berbeda dari konvensional ke siber. Ini semestinya bukan hanya membawa kita pada perbedaan ruang tapi juga metode", ucap Adrian.

Untuk itu kata Adrian, Bawaslu utamanya harus bergerak lebih cepat. Karena kalau tidak akan ketinggalan beberapa langkah.

Baca juga:

Bawaslu Maluku Utara Mantapkan Pengawasan Siber di Pemilu 2024

Bawaslu Kepulauan Sula Pastikan Pengawasan Kampanye dalam Pemilu Berjalan Lancar

Bawaslu Maluku Utara Ingatkan Parpol Patuhi Aturan Kampanye, Rusly: Bisa Dipidana

"Karena pertarungan hari ini bukan lagi konvensional tapi pada ruang siber. Kita harus berpikir cepat, bergerak cepat untuk membentuk satu perangkat yang kuat dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang nanti akan terjadi dalam Kampanye siber", katanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ramlan Harun
Editor: Redaksi

Baca Juga