Pemilu 2024

Bawaslu Morotai Gelar Bimtek untuk Saksi Parpol

Kegiatan Bimtek Saksi Parpol di Morotai. Foto: Maulud/halmaherapost.com

Morotai - Bawaslu melalui Panwascam Morotai Selatan, Pulau Morotai, Maluku Utara menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para saksi Partai Politik (Parpol), di Upland Cafe, Desa Gotalamo, pada Rabu 7 Februari 2024.

Ketua Panwascam Morotai Selatan, Kubais Kuto mengatakan bahwa kegiatan itu digelar dalam rangka memberikan pemahaman kepada para saksi peserta pemilu tahun 2024.

"Jadi ini dilakukan agar mereka (saksi) dapat memahami secara benar peran dan tugas. Sehingga, bisa berperan dalam tugas sebagai saksi pada saat proses pelaksanaan pungut hitung dan tugas-tugas lain," kata Kubais.

Mantan Ketua Cabang PMII Ternate ini bilang, peran saksi parpol di saat pungut hitung dan pemeriksaan surat suara sangat penting. Karena pihaknya tidak akan mampu berperan sendiri dalam proses pengawasan kepada seluruh peserta pemilu.

Baca juga:

Eks Ketua DPRD Ternate Diperiksa KPK

Lantik Puluhan Pejabat, Wali Kota Ternate: Kalau Tidak Bisa, Harus Siap Mundur

Polda Maluku Utara Terjunkan Ratusan Personel Amankan TPS, Begini Kesiapannya

"Olehnya itu setiap dugaan pelanggaran yang akan terjadi, saksi parpol bisa menyampaikan keberatan maupun pengawas TPS bisa memuat form up pengawasan saat terjadi dugaan peristiwa pelanggaran yang terjadi," tandasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Maulud Rasai
Editor: Redaksi

Baca Juga