Pemilu 2024

Tasman Balak, Pensiunan TNI-AL asal Batang Dua, Ternate Berpotensi Jadi Anggota DPRD

Tasman Balak, Caleg Gerindra di Dapil 3 Kota Ternate. Foto: Dok Pribadi

Ternate - Tasman Balak akan menjadi orang Batang Dua pertama yang terpilih secara langsung menjadi anggota DPRD Kota Ternate, Maluku Utara.

Diketahui, sebelumnya di Pileg 2019-2024, ada Florensia Baruka, namun hanya berstatus Pergantian Antar Waktu (PAW) dari partai Berkarya. Kini menjalani sisa masa jabatan.

Tasman yang juga sebagai pensiunan TNI Angkatan Laut (TNI-AL) pada tahun 2019 ini meraih suara terbanyak dari partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Dapil 3, Kota Ternate, sebanyak 578 dari akumulasi total 1.336 suara.

Partai besutan Prabowo Subianto ini tercatat berada pada kursi ke-4 atau terakhir, setelah NasDem, PKB dan Golkar. Ini juga menjadi yang pertama untuk Gerindra memperoleh kursi di dapil 3 selama pemilu.

"Sudah final, orang-orang sudah ucapkan selamat. Tapi saya bilang kita tunggu dulu, ikuti prosedur-prosedur yang ada hingga penetapan KPU," ucap pria yang sempat ditugaskan ke Eropa hingga laut Cina Selatan ini.

Baca juga:

PDIP Sapu Bersih Kursi DPRD Tidore Kepulauan, Ganjar-Mafud Keok

16 Parpol Minta KPU ‘Take Over’ 2 TPS di Ternate Selatan

KPU Ternate Resmi Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Ia bilang, dirinya sangat bersyukur dengan hasil yang ada. Setelah mengikuti proses dari bawah, yakni PPS, PPK hingga Kota.

"Dari hasil perhitungan penyelenggara ditingkat Kecamatan, hasilnya original, tidak rekayasa. Torang (kita) harus apresiasi penyelenggara, karena sportifitas," katanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ramlan Harun
Editor: Redaksi

Baca Juga