Sosial

Gelar Kampung Ramadan, Warga Hiri, Ternate juga Deklarasi Tokoh Perintis Kemerdekaan RI

Deklarasi Tokoh Perintis Kemerdekaan RI di Kelurahan Tomajiko, Hiri, Ternate. Foto: Istimewa

Ternate – Masyarakat Kelurahan Tomajiko, Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara kembali menggelar kampung ramadan. Ini merupakan kali keduanya.

Menariknya, kegiatan kali ini sekaligus mendeklarasikan tokoh Abdul Basir sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kegiatan yang digagas pemuda dan BKM Nurul Aminin dengan mengangkat tema “Eli Ma Bati Kaha, Sonyinga Hado Luhadi” itu mendapat dukungan dari tokoh agama, tokoh adat, pemerintah kelurahan, serta semua elemen masyarakat di Kelurahan Tomajiko.

Ketua Pemuda Kelurahan Tomajiko, Suryadi Saleh mengatakan, kegiatan Kampung Ramadan II ini menjadi salah satu ajang kekerabatan sosial demi mempererat tali persaudaraan serta memperkenalkan potensi wisata, sejarah, budaya, agama maupun ekonomi yang ada di Tomajiko.

“Mengingat adanya singkong, pisang dan sukun (Amo) yang bisa diolah menjadi perbagai kuliner bernilai lokal, serta Pangaji Baba Lifa yang baru saja diresmikan sebagai pusat kegiatan keagamaan bagi anak-anak di Tomajiko," kata Suryadi melalui rilis yang diterima halmaherapost.com, Sabtu 16 Maret 2024.

Lanjut dia, sehingga, perlu diseriusi dalam mengelola serta mempromosikan sumber daya yang ada di kampung melalui agenda Kampung Ramadan II ini.

Baca juga:

1 Lagi Pemain Maluku Utara yang Dipanggil Timnas U-20, Jebolan Binter Academy

Terungkap Skandal Ada ‘Polisi’ Main BBM di Morotai

Malut United Sukses Promosi Liga I, Sultan Tidore: Terima Kasih Para Pahlawan

"Peran Pemuda menjadi pendorong utama dari semua kegiatan ini,” ucapnya.

Ketua BKM Nurul Aminin Tomajiko, Wawan Ilyas, menambahkan kegiatan Kampung Ramadan II ini sekaligus mendeklarasikan tokoh Abdul Basir sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Rls
Editor: Redaksi

Baca Juga