Pertanian

Berkah Petani Pandan di Ternate Jelang Lailatul Qadar

Petani Gambesi saat panen daun pandan. Foto: Fadli Usman/halmaherapost.com

Ternate - Petani di Kelurahan Gambesi dan Fitu, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara, mulai panen daun pandan, pada Jumat 25 Maret 2024.

Diketahui, panen tersebut sudah biasa dilakukan jelang Lailatul Qadar, untuk kebutuhan masyarakat Ternate berjiarah ke kuburan. Jumlahnya pun juga cukup banyak.

"Tong (kami) panen pondak ini mulai dari sebelum 'Ala - ela' (Lailatul Qadar) sampai 'tabua' (malam takbiran). Satu hari ini kami potong sekitar 7 ikat," ucap Noni, petani Gambesi kepada halmaherapost.com.

Noni bilang, dalam setiap tahun menjelang Lailatul Qadar, petani pandan di Fitu dan Gembesi mempunyai kesempatan dalam mencari reseki yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, dalam sehari, sekitar 4 sampai 7 ikat habis terjual di pasar Higienis, Kelurahan Gamalama.

Baca juga:

Margarito, Pakar Hukum Tata Negara asal Maluku Utara Jadi Ahli Prabowo-Gibran

Ramadan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Ternate Tetap Buka Pelayanan

Ratusan Imam dan Pengasuh TPQ di Ternate Terima Insentif, Wali Kota: Semoga Bermanfaat

"Satu ikat begini kalau pedagang lain pesan kami jual seratus lima puluh ribu, sedangkan tong (kami) sendiri jual di pasar satu kantong lima ribu sampai sepuluh ribu. Saya pe laki (suami saya) pokoknya mulai hari ini sampe puasa terakhir, potong (panen) terus dari pagi hingga sore," katanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Fadli Usman
Editor: Redaksi

Baca Juga