Mudik Lebaran

Pelabuhan di Kepulauan Sula Sepi dari Pemudik, Ternyata Ini Penyebabnya

Kondisi Pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara, tampak sepi dari aktivitas arus mudik. || Foto: Iwan Setiawan Umamit/JMG

Sanana, Hpost – Menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, suasana pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, masih terlihat sepi dari pemudik.

Muhammad Faisal, petugas Tertib Bandar dan Tertib Berlayar di Dinas Perhubungan Kepulauan Sula, mengaku sepekan menjelang lebaran belum ada lonjakan pemudik yang masuk wilayah Sula.

Baca juga: 

KSOP Ternate Tidak Berlakukan Rapid Test Antigen untuk Pemudik Lokal

Hore… Mudik Antarkabupaten dan Kota di Maluku Utara Dibolehkan

Ternate Berlakukan Rapid Test Antigen Acak untuk Pemudik

Menurut dia, menurunnya gelombak pemudik disebabkan banyaknya warga yang memilih mudik lebih awal, karena khawatir adanya larangan mudik antarkabupaten dan kota di Maluku Utara.

“Sebab mereka khawatir adanya larangan mudik antarkabupaten dan kota di Maluku Utara, jadi mereka mudik lebih awal,” ungkap Faisal kepada wartawan, Kamis 6 Mei 2021.

Baca juga: 

Jaksa di Maluku Utara Dilarang Mudik Lebaran 2021

Bandara Sultan Baabullah Ternate Hanya Layani Penerbangan Darurat

ASDP Ternate Bakal Tutup Akses Pelayaran Kapal Ferry Antar Provinsi

Ia menambahkan, meski pemerintah telah menerbitkan larangan mudik berdasarkan edaran Satgas pusat Nomor 13 yang ditindaklanjuti dengan Permen Nomor 13 tentang larangan mudik jelang lebaran Idul Fitri 2021, tapi itu tidak berlaku untuk aktivitas mudik lokal.

"Jadi tim Satgas COVID-19 Provinsi Maluku Utara perbolehkan mudik antarkabupaten dan kota, namun tetap menggunakan protokol kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga