Lingkungan

WCD di Ternate Kumpul 5 Ton Sampah, DLH: Butuh Kesadaran Semua Pihak

World Clean Up Day di Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Ramlan/Hpost

Ternate, Hpost – World Clean Up Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sedunia dilaksanakan di kawasan pantai Lelong, Kelurahan Makassar Timur, Ternate Tengah,  Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu 18 September 2021.

Kegiatan bertajuk “Bersatu Indonesia Bersih” yang digagas WCD Maluku Utara, berhasil mengumpulkan sebanyak 5 ton sampah dari berbagai jenis.

Leader WCD Maluku Utara, Muhamad Afif kepada Halmaherapost.com, mengatakan, kegiatan bersih sampah tersebut dilaksanakan serentak bersama 13 juta relawan di dunia.

“Ini atas kepedulian dan kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Afif, Sabtu 18 September 2021.

Baca Juga:

Afif bilang, dalam kegiatan tersebut, selain WCD Maluku Utara, juga melibatkan sejumlah komunitas maupun organisasi dan Pemerintah Kota Ternate.

“Ada Ormas Oi Kota Ternate, BPRS Bahari Berkesan, dJAMAN Maluku Utara, Himika Unkhair, BEM Unkhair, 1000 Guru Malut, Kelas Inspirasi Ternate, Jarkot, Lumi Indonesia dan DLH Kota Ternate,”ucapnya.

Sementara itu,  Kabid Persampahan DLH Ternate, Yus Karim, menyampaikan bahwa pihaknya sangat merasa bangga dengan kegiatan yang digagas tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi, jujur saja ini anak-anak muda yang peduli. Apalagi, mereka rata-rata dari luar Ternate dan hanya bekerja di Ternate,” ucapnya.

World Clean Up Day di Ternate Maluku Utara. Foto: Ramlan/Hpost

Menurut Yus, Sampah di Kota Ternate semakin meningkat di 3 tahun ke belakang. Untuk itu, semua pihak harus bergerak bersama dalam upaya penanganan.

“Sebelumnya itu hanya 60 ton, tapi dari tahun 2019 hingga sekarang mencapai 100 ton, bisa juga lebih. Makanya, kalau kita tidak melakukan penanganan, sadar atau tidak sadar, kita akan tertimbun sampah,”ujarnya.

Untuk itu, Yus mengajak kepada semua pihak agar dapat bergerak bersama untuk mengatasi ancaman tersebut. Sekaligus mendukung program Wali Kota dan Wakil Wali Kota kali ini.

“Butuh kesadaran bersama, kalau bukan kita siapa lagi,”pungkasnya.

Penulis: Ramlan
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga