Data Survei

Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Politisi Paling Rendah di Dunia

Ilustrasi Politisi. Foto: Mimoza.tv

Ternate, Hpost – Menurut hasil survei dalam laporan Global Trustworthiness Index 2021 yang dikeluarkan oleh Ipsos, pihak yang mendapatkan tingkat kepercayaan paling rendah dari masyarakat dunia adalah politisi, yakni sebesar -52 persen.

Selanjutnya diikuti menteri pemerintah sebesar -39 persen, eksekutif periklanan sebesar -22 persen, dan bankir sebesar -11 persen. Rasa percaya masyarakat terhadap jurnalis dan pendeta juga rendah, yakni -10 persen.

Sementara, dokter merupakan pihak yang paling dipercaya oleh masyarakat dunia. Sebanyak 54 persen atau mayoritas responden menyatakan bahwa mereka memiliki rasa kepercayaan terhadap dokter.

Baca Juga:

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap ilmuwan berada di urutan kedua dengan persentase sebesar 51 persen. Kemudian, rasa kepercayaan terhadap guru sebesar 43 persen, terhadap orang biasa sebesar 27 persen, dan terhadap pasukan bersenjata sebesar 22 persen.

Sepanjang 2018-2021, politisi, Menteri pemerintah, dan eksekutif periklanan merupakan pihak yang mendapatkan kepercayaan terendah dari masyarakat dunia. Sedangkan dokter, ilmuwan, guru, pasukan bersenjata, dan polisi menjadi pihak yang paling dipercaya oleh masyarakat dunia.

Survei ini dilakukan pada 23 April-7 Mei 2021 dengan melibatkan 19.570 responden di 28 negara berumur 16-74 tahun melalui metode wawancara online. Sampel karakteristik responden di Brasil, Chili, Tiongkok, Kolombia, India, Malaysia, Meksiko, Peru, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan Turki cenderung lebih urban, berpendidikan, dan makmur dibandingkan populasi umum.

Penulis: Qal
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga