Pemerintah

Hari Jadi Ternate 2021 Milik Masyarakat

Landmark Ternate. || Dok: PUPR Ternate

Ternate, Hpost – Pemkot Ternate, Maluku Utara akan melibatkan masyarakat secara totalitas dalam pelaksanaan Hari Jadi Ternate (Hajat) ke-771 tahun 2021.

Ketua Panitia Hari Jadi Ternate ke-771, Rizal Marsaoly, mengaku peringatan hari jadi Ternate di tahun kali ini akan dibuat berbeda karena Wali Kota Ternate berkeinginan Hajat kali ini harus ada keterlibatan masyarakat.

"Jadi kalau HUT Pemkot Ternate pada April itu murni pemerintah, kan Hajat itu haruslah masyarakat yang ada di dalam lebih dominan, daripada kita sebagai pemerintah. Sehingga butuh konten dan kegiatan yang di dalamnya ada masyarakat," ucap Rizal.

Rizal bilang, dalam Hajat ini, pelaksanaannya akan melibatkan masyarakat dari Pulau Moti, Hiri, dan Batang Dua.

Baca Juga:

"Dari aspek penamaan saja kita sudah ubah HJT ke Hajat, sehingga ada kerafian lokal nama ini yang dibuat. Sehingga orang Ternate juga bilang, ngoni (kalian) mau ke mana, torang (kami) pigi (pergi) Hajat di situ, dan lebih filosofi ketimbang memakai huruf H, J dan T," jelasnya.

"Hajat ini juga kita akan giring untuk masuk juga sebagai penguatan kota rempah, misalnya ada karya tulis ilmiah untuk siswa SMA, perusahaan, dan umum, dengan tematik judul kota rempah. Bahkan narasi yang dibangun juga kota rempah," tambahnya.

Ia menjelaskan, Wali Kota juga berharap setiap kantor, bank, sekolah, maupun restoran, harus ada aroma kemenyan berbau rempah.

"Misalnya di bandara ketika orang turun aroma rempah sudah tercium, sehingga city branding ini bukan hanya tagline. Tapi bisa menyentuh sampai ke akar rumput dan pelosok negeri ini harus bau rempah," pungkasnya.

Penulis: SAR
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga