Gempa

Gempa Berkekuatan 5,1 Magnitudo Guncang Halmahera Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

lustrasi seismograf gempa bumi. || Foto: Getty Images

Ternate, Hpost - Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Kamis 24 Maret 2022 dini hari, sekitar pukul 01.29 WIT.

BMKG melaporkan titik gempa tersebut terletak pada koordinat 1,91 derajat Lintang Utara ; 127,27 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 71 km arah barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 110 km.

Kepala Stasiun Geofisika kelas III Ternate, Andri Wijaya Bidang kepada Halmaherapost.com menjelaskan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

Baca:

Usai Copot Kadis ESDM, Gubernur Tunjuk Suriyanto Andili

BMKG: Hujan di Maluku Utara Masih Berlangsung hingga Juni 2022 Mendatang

PDLH WALHI Maluku Utara Usung Konsolidasi Kedaulatan Rakyat atas Kuasa Oligarki

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (oblique thrust fault)," jelasnya.

Ia bilang, gempa tersebut dapat dirasakan di Siau dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

"Hingga pukul 02.13 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," sambungnya.

Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.

Penulis: Qal
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga