Pemerintahan

Kemenkumham Siap Antisipasi Lonjakan Orang Asing saat KTT G20 di Bali

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol Andap Budhi Revianto, dalam acara Doa Bersama Kesuksesan KTT G20 || Foto: Istimewa

Jakarta, Hpost - Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol Andap Budhi Revianto, menyatakan bahwa ada beberapa langkah yang disiapkan guna mengantisipasi lonjakan orang asing saat pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Andap bilang, Kemenkumham dalam penyelenggaraan Presidensi G20 yang direncanakan berlangsung 15-16 November 2022, memiliki tugas melaksanakan pelayanan keimigrasian.

Menurutnya, imigrasi sebagai penjaga pintu gerbang negara perlu memberikan kontribusi positif dalam mendukung suksesnya Presidensi G20.

Baca Juga:




“Akan datang negara-negara anggota G20, badan-badan dunia, dengan estimasi total 12.750 peserta. Jumlah ini yang harus diantisipasi untuk pelaksanaan pelayanan dan pengawasan keimigrasian yang baik,” kata Andap, pada Rabu 19 Oktober 2022.

Menurut Andap, peningkatan layanan mulai dilakukan saat keluar masuk orang asing di Bandara. Hal itu guna tidak terjadi penumpukan dan kepadatan, maka akan dipersiapkan beberapa konter tambahan di samping konter reguler.

"Terdapat tiga konter khusus presidensi G20 dan 13 konter layanan reguler. Jika terjadi penumpukan, empat konter reguler akan dialihfungsiian menjadi konter delegasi G20," jelasnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga