ICMI Maluku Utara dan Kanwil Agama Seriusi Masalah Umat

Kunjungan Kepala Kanwil Kementerian Agama Maluku Utara ke Sekretariat ICMI Malut. (Istimewa)

Ternate - ICMI Maluku Utara pada Sabtu 10 Juni 2023,  malam kedatangan tamu istimewa. Adalah Amar Manaf, Kepala Kanwil Agama Malut yang berkunjung dan berdiskusi serius dalam suasana kekeluargaan.

Temanya tentang bagaimana merespon problem keumatan yang kian menumpuk di sekitar kita.

Menurut Kakanwil, secara umum ada dua indikator yang "mengganggu". Pertama, secara kuantitas kita unggul tapi keunggulan itu tak berbanding dengan kualitas keimanan secara kolektif. Ada banyak pengabaian yang dilakukan secara sadar.

Kedua, kecenderungan dunia secara terstruktur mulai meminimalisir pendidikan agama sehingga kalah bersaing dengan tuntutan kemajuan teknologi.

Karena itu, ICMI secara kelembagaan menawarkan pentingnya dibuatkan peta dakwah yang komprehensif. Yang berbasis data. Menjangkau banyak aspek mulai dari literasi dakwah yang belum sepenuhnya menjawab problem kemanusiaan, basically membaca dan menuliskan Alquran yang belum optimal, minimnya pendidikan dan tanggung jawab keluarga serta pemberdayaan ekonomi ummat yang miskin terobosan.

Di ujung diskusi, Kakanwil menceritakan kisah di balik pendirian Universitas Al Azhar. Perguruan tinggi Islam terbesar ini didirikan oleh sembilan orang baik. Di awalnya, mereka bersepakat jika ada keuntungan maka akan dibagi sepuluh. Siapa yang kesepuluh itu? Ternyata keuntungan yang didapat "dibagikan" juga untuk Allah SWT. Apakah Allah butuh? Tidak. Kitalah yang mesti berbagi karena Allah adalah sumber segalanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga