Cek Fakta

[HOAKS] Petugas BPBD Sebut Ada Kemungkinan Letusan Besar Gunung Gamalama

Tangkapan Layar Video Petugas BPBD sampaikan imbauan kepada warga di Ternate. Foto: Istimewa

Ternate - Video Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait aktivitas Gunung Api Gamalama, Ternate, Maluku Utara berdurasi 01 menit 07 detik yang beredar, bikin panik warga.

Dalam video tersebut, terlihat 2 petugas BPBD sedang menyampaikan imbauan kepada salah satu tetua kampung. Mereka terlihat berdiri di jalan.

Begini pesan lengkap imbauan yang disampaikan petugas BPBD kepada tetua kampung itu, "Satu kali dua puluh empat jam (1×24 jam) torang (kami) siap. Om Fikram juga bantu kasi tahu ke saudara-saudara untuk tidur jangan talalu (terlalu) tasono (lelap). Karena laporan terakhir, ada kemungkinan-kemungkinan besar terjadi letusan. Kalaupun terjadi ini akan letusan besar. Tapi insyaallah tidak terjadi apa-apa. Karena memang laporan dari kantor pusat di Bandung, ada gunung di Sulawesi Utara, di Sanger. Tapi Pulau itu tidak berpenghuni. Jadi, ada kemungkinan terburuk bisa terjadi Tolire dua. Kalau memang letusan terjadi. Berarti torang so harus istiar tingkat tinggi. Kalau memang terjadi torang mencari titik aman, torang dari pemerintah juga siap bantu masyarakat untuk cari titik aman".

CEK FAKTA

Untuk memastikan informasi yang disampaikan petugas BPBD itu benar atau tidak, halmaherapost.com mencoba melakukan penelusuran.

Dalam penelusuran yang dilakukan kepada instansi teknis di Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, bahwa Informasi kemungkinan terjadi letusan besar tidak benar atau hoaks.

Baca juga:

Lawan Australia, Pesepak Bola Berdarah Moti, Ternate Masuk Line Up Timnas U-23

Santrani Abusama Semakin Siap Tarung di Pilwako Ternate, Tawarkan 10 Program Prioritas

Ambil Formulir di DPC Gerindra, Firmansyah Ungkap 3 Masalah Ternate

“Untuk video ini kami dari PVMBG tidak menyampaikan pernyataan bahwa akan terjadi letusan besar. Pernyataan itu atas nama pribadi yakni petugas BPBD Kota Ternate. Kami telah menyampaikan ke BPBD untuk mengklarifikasi perihal video tersebut,” kata Petugas Posko Pengamatan Gunung Api Gamalam kepada Halmaherapost.com, Jumat 19 April 2024.

Sementara sesuai pengamatan aktivitas gunung api Gamalama pada Kamis 18 April 2024 periode 00.00 - 24.00 WIT terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ramlan Harun
Editor: Redaksi

Baca Juga