Ternate

Jusuf Sunya Sebut ‘Spirit The Corps’ Jadi Kunci Wujudkan Visi Ternate Andalan

Sekretaris Kota Ternate, Jusuf Sunya. Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Pemerintah Kota Ternate kini berpacu mempercepat berbagai program pembangunan yang menjadi visi Wali Kota Ternate Tauhid Soleman dan Wakilnya Jasri Usman dengan jargon Ternate Andalan (Mandiri dan Berkeadilan).

Sekretaris Kota (Sekkot) Ternate, Jusuf Sunya, menyebutkan untuk mewujudkan visi Ternate Andalan sebagai visi bersama, kunci utamanya adalah sprit the corps.

"Visi bersama ini bisa diwujudkan, jika spirit the corps ini menjadi kesadaran bersama," kata dia. Spirit the corps, sebut Jusuf, harus dimaknai sebagai semangat jiwa korsa aparatur untuk mewujudkan visi bersama.

Baca Juga:
1. Penumpang Kapal Pelni di Maluku Utara Wajib Bawa Kartu Vaksin
2. Puluhan Napi di Rutan Ternate Bakal Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

"Karena itu setiap ASN dan pimpinan OPD harus dapat menerjemahkan visi dan misi Ternate Andalan ke dalam program OPD masing-masing," ujarnya, kepada awak media di Pelataran Kantor Wali Kota Ternate usai menghadiri Pengukuhan Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Kwartir Cabang Ternate, Kamis 05 Agustus 2021.

Selain itu, ia juga bilang, setiap ASN di Kota Ternate harus mampu menerjemahkan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota secara nyata dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Ternate, tahun 2021-2026.

Menurut Jusuf, RPJMD Ternate Andalan menjadi momentum akselerasi bagi pembangunan di Kota Ternate. Karena itu, semua pihak baik ASN maupun masyarakat Kota Ternate harus memiliki semangat yang sama guna mewujudkan masyarakat Ternate yang mandiri dan berkeadilan.

"Fokus kita saat ini adalah bagaimana RPJMD menjadi komitmen bersama sekaligus solusi bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat", lanjut Jusuf.

Seperti diketahui, saat ini RPJMD sudah disampaikan ke DPRD untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. Sehingga, menjadi landasan semua OPD dan ASN Kota Ternate untuk mewujudkan Ternate Andalan dalam program prioritas masing-masing OPD.

Baca Juga:
Takut Tersangkut Hukum, Plt Kadis PUPR Ternate Tolak Teken Dokumen

Ia juga menyebut Bappelitbangda sebagai prime over telah melakukan fasilitasi dan finalisasi RPJMD, yang diharapkan bisa menjawab persoalan-persoalan pembangunan dan kemasyarakatan.

"Kita berharap dengan dukungan semua pihak persoalan-persoalan pembangunan dapat kita urai secara lebih baik" tandas Jusuf.

Penulis: Qal
Editor: Redaksi

Baca Juga