Bahasa

Kantor Bahasa Gelar Pelatihan Revitalisasi Bahasa Daerah Ternate Untuk Guru dan Komunitas

Pelatihan Guru Master Revitalisasi Bahasa Daerah Ternate di Kota Ternate. Foto: Ramlan/Hpost

Ternate, Hpost – Kantor Bahasa Maluku Utara, Kemendikbudristek menggelar kegiatan pelatihan guru master revitalisasi bahasa daerah Ternate. Kegiatan yang berpusat di Hotel Emerald, Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah itu berlangsung sejak 12 hingga 15 Juli 2022.

Ketua Panitia, Nurhayati Fookaya kepada Halmaherapost.com mengatakan untuk pelatihan tersebut pihaknya melibatkan sebanyak puluhan peserta perwakilan dari guru, komunitas hingga penutur.

“Ada perwakilan dari guru SD sederajat, SMP sederajat, komunitas yang tersebar di kota Ternate dan perwakilan penutur dari Kesultanan Ternate, dengan total sebanyak 65 peserta,” kata Nurhayati, Rabu 13 Juli 2022.

Baca:

Sastra Indonesia jadi Jurusan Pertama di Unkhair yang Lulus KKNI Berbasis MBKM

PN Ternate Vonis Direktur PT NMS 2,6 Tahun Penjara dalam Kasus Penggelapan Pajak

Borneo FC Tumbangkan PSS Sleman di Piala Presiden, Pemain Asal Ternate Sumbang Gol

Puluhan peserta tersebut, lanjut Nurhayati akan berhadapan dengan sejumlah pemateri yang telah disiapkan, dengan materi sesuai keahlian masing-masing.

“Pemateri itu ada kepala dinas pendidikan, kepala dinas kebudayaan, dua orang dari universitas khairun dan satu dari perwakilan SD 25 kota Ternate,” ucapnya.

Tujuan kegiatan tersebut, menurutnya pertama harus mendapat output terkait dengan penerapan model pembelajaran bahasa daerah Ternate yang akan diterapkan atau diaplikasikan peserta ke sekolah maupun komunitas yang ada.

“Para peserta juga diharapkan dapat memahami terkait bagaimana evaluasi pembelajaran di kelas nanti,” pungkasnya.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Redaksi

Baca Juga