Pemilu 2024

Panwaslucam Pulau Hiri, Ternate Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam Pemilu 2024

Suasana kegiatan sosialisasi Pengawasan Partipatif Pemilu 2024 di Pulau Hiri. Foto: Dok Panwaslucam Hiri

Ternate - Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, pada Sabtu 23 Desember 2023.

Diketahui, sosialisasi tersebut menghadirkan pembicara di antaranya akademisi Iskar Hukum, dan Anggota KPU Kota Ternate Kuad Suwarno. Kemudian, Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) dan Ketua RT/RW Se-kecamatan Pulau Hiri sebagai peserta.

Ketua Panwaslu Pulau Hiri, Junaidi Dahlan menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman pada masyarakat dan PKD terkait dengan pengenalan dan pengawasan logistik pada Pemilu 2024.

“Sosialisasi ini bisa menarik simpati masyarakat untuk mengawasi bersama-sama dengan Panwaslu Pulau Hiri untuk mewujudkan demokrasi yang jujur dan adil di Pemilu 2024 nanti”, kata Junaidi saat menyampaikan sambutan.

Sementara Anggota KPU Kota Ternate Kuad Suwarno memaparkan mengenai aspek ketentuan hukum dan logistik pemilu. Menurutnya, logistik pemilu penting untuk diawasi, dengan cara memastikan jenis-jenisnya mulai dari perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan, hingga pemungutan suara.

Baca juga:

Libatkan AMSI, Bawaslu Maluku Utara Gelar Rakernis Pengawasan Kampanye Siber untuk Jajaran

Bawaslu Kepulauan Sula Pastikan Pengawasan Kampanye dalam Pemilu Berjalan Lancar

Bawaslu Maluku Utara Mantapkan Pengawasan Siber di Pemilu 2024

“Agar pengawasan logistik tepat prosedur, tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran distribusi dan tepat kualitas, pengawasan dilaksanakan dengan cara mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggara pemilu sesuai peraturan perindang-undang”, ujar Kuad.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Rls
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga